Mayon....Masih Ingatkah?

Riskianto, A.Md. 14 Mei 2016 23:19:22 WIB

(Sawahan - 14/05) - Mayon atau Mayu, Hmm masih ingatkah dengan kata-kata itu. Yaa.. Itu adalah tradisi mayoritas masyarakat desa Sawahan yang sekarang sudah hampir pudar. Mayon atau Mayu merupakan tradisi makan bersama nasi tiwul yang dilakukan oleh beberapa kelompok orang di waktu pagi hari. Nasi tiwulnya dimasak kemarin hari atau istilah Jawa nya 'wayon' atau 'wayu'.

Nasi tiwul beserta lauk wajib ikan asin dan sambal bawang dilengkapi lalapan menjadi santapan yang nikmat di pagi hari oleh beberapa kelompok orang tersebut. Nuansa kebersamaan begitu terasa dimana mereka makan bersama dalam satu lingkaran kecil di tengahnya adalah satu cobek (jawa: lemper) sebagai tempat makan bersama-sama.

Suasana seperti ini masih sering kita jumpai pada saat kerja bakti kebersihan lingkungan warga, namun sudah jarang sekali ditemui di kehidupan sehari-hari masyarakat saat ini. Faktor utamanya adalah bergesernya budaya hidup yang cenderung individual. Dahulu hampir di kelompok masyarakat kita bisa menjumpainya, entah itu orang tua, remaja, putra atau putri kumpul menjadi satu. Mungkin pada waktu itu keberadaan nasi putih yang cukup mahal di kalangan masyarakat atau juga masih kentalnya kebersamaan warga. Tapi sekarang??

Hhmm.. itu adalah masa lalu yang cukup membuat kita tersenyum sendiri, bahkan kita merindukan hal tersebut, apalagi bagi kita yang sekarang hidup di kota besar, merantau jauh, atau kita sendiri yang hidup di sini tapi merasa kehilangan moment-moment tersebut waktu ini. Yaaa.. Bagiamana pendapat kalian? (rizkya)

 

Sumber Gambar 1: Facebook Ningsih Saragil

Komentar atas Mayon....Masih Ingatkah?

Kadir 04 Juni 2016 10:04:05 WIB
Itu saat saat yang sangat indah bisa manyon bersama
16 Mei 2016 05:49:51 WIB
Mantap dan luar biasa salut sendang punya web
Eko 15 Mei 2016 00:06:14 WIB
Kangen Bapak Simbok di Kampung. Salam dari Palembang..
Sis 14 Mei 2016 23:24:00 WIB
Wah Jiann kangen tenin nak kui.. kangen kampung halaman..

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM