Profil Potensi Desa

30 April 2014 17:23:24 WIB

1.    Sumber Daya Alam (SDA)
Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di desa Sawahan, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul berpotensi sebagai komoditi lokal maupun komoditi potensi ekspor. Sumber Daya Alam (SDA) di desa Sawahan antara lain:

Batu Putih
Batu putih banyak ditemui di dusun Plarung yang digunakan untuk kebutuhan bahan bangunan hampir di seluruh desa Sawahan.
Batu Akik
Batu akik di desa Sawahan mulai dikembangkan pada awal tahun 2015 dengan diresmikannya gedung Gallery Batu Akik desa Sawahan di dusun Sendang II oleh Sri Sultan HB X dengan mengembangkan potensi batu akik khas Sawahan yaitu Pancawarna Sawahan.
Hasil Bumi
Hasil bumi di desa Sawahan selain hasil tani untuk konsumsi juga terdapat beberapa hasil pertanian yaitu cengkeh dan kakau. Beberapa komoditi telah dikembangkan menjadi industri rumah tangga/mikro antara lain: kerajinan bambu, kerajinan kayu, bakpia, ceriping talas, dan sebagainya.
Wisata
Wisata yang sangat berpotensi di desa Sawahan yaitu wisata goa antara lain: Goa Saptoargo, Goa Grudo, Guo Gremeng di Padukuhan Plarung dan Tengger.


2.    Sumber Daya Manusia (SDM)
Penduduk desa Sawahan pada tahun 2015 yang diperoleh dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul berjumlah 5547 jiwa terdiri dari penduduk dewasa 4278 jiwa, anak-anak 1027 jiwa, penduduk lanjut usia 242 jiwa.
Dari data tersebut angkatan kerja di desa Sawahan sebanyak 77,12% merupakan usia produktif sehingga sangat berpotensi untuk menggali dan mengolah SDA yang ada di desa Sawahan, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul.
Tingkat pengetahuan dan keterampilan di desa Sawahan pada usia produktif sangat beraneka ragam, terbukti dengan banyaknya bidang yang digeluti oleh angkatan kerja di desa Sawahan. Sejauh ini sudah cukup untuk digunakan sebagai bekal mengolah potensi yang ada di desa Sawahan walaupun masih perlu dilakukannya pembinaan yang intesif.
Keterampilan yang sudah ada dan perlu dikembangankan antara lain:
a.    Kerajinan batu akik
b.    Kerajinan anyaman bambu
c.    Kerajinan pengecoran logam
d.    Kerajinan kayu
e.    Kerajinan ukir kayu dan batu
f.    Dsb

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM