Musim Kemarau Tiba, Saatnya 'Manjer' Kitiran

29 Juni 2018 09:27:12 WIB

Sawahan (SIDA) – Kitiran merupakan permainan tradisional legendaris yang keberadaanya saat ini mulai surut peminat. Kitiran merupakan mainan berupa baling-baling yang dapat mengeluarkan suara unik yang hanya dapat dimainkan pada saat musim kemarau. Kitiran terbuat dari bambu atau kayu khusus yang dilengkapi dengan aksesoris berupa tiang dan ‘obal-obal’ yang terbuat dari ‘blarak’ daun kelapa yang berfungsi sebagai penyeimbang.

Pada saat tertiup angin kitiran akan berputar, kemudian setelah angin surut akan maka baling-baling tersebut akan ‘ngandul’ mengeluarkan suara yang unik. Dahulu anak-anak sampai orang dewasa rela menghabiskan waktu sepanjang hari hanya untuk ‘manjer’ atau memasang kitiran bahkan rela menunggu sampai larut malam di bukit dipasangnya kitiran tersebut.

Kitiran menjadi salah satu hobi yang menarik. Namun seiring perkembangan teknologi yang berkembang cukup pesat, keberadaan permainan tradisional kitiran mulai sepi peminat. Kepala Desa Sawahan, Suprapto menyadari bahwa kitiran merupakan warisan luhur yang perlu dilesatarikan sehingga dirinya pun dengan semangat masih melestarikan budaya tersebut.

“Saat ini saya bersama beberapa warga juga aktif ‘manjer’ kitiran di bukit Cataan, tentu ini bukan hanya sekedar hobi, tetapi merupakan bentuk pelestarian permainan tradisional” ungkap Suprapto.

Suprapto berharap agar permainan tradisional tersebut bisa terus lestari agar menjadi identitas budaya original yang menjadi kebanggaan tersendiri. Semoga upaya Pak Kades tersebut dapat diikuti oleh warga masyarakat yang lain sehingga meningkatkan minat terhadap permainan tradisional di tengah gerusan teknologi canggih saat ini. (rizkya)

Foto: Suprapto

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM