Pemohon Kehendak Nikah Agar Memperhatikan Beberapa Hal

01 Juli 2018 21:54:38 WIB

Sawahan (SIDA) – Kasi Pelayanan Desa Sawahan, Riskianto, A.Md. memberikan himbauan kepada masyarakat yang hendak melaksanakan nikah agar memperhatikan beberapa hal supaya pelaksanaan ijab kabul yang dikehendaki dapat berjalan dengan lancar.

Pertama masyarakat agar memperhatikan persyaratan nikah dimana seluruh persyaratan untuk pembuatan NA harus lengkap dan sesuai. Beberapa dokumen yang masuk banyak masyarakat yang masih banyak dokumen yang tidak lengkap sehingga cukup menghambat proses pelaporan kehendak nikah.

Kedua terkait dengan jadwal kehendak nikah pada saat pelaporan harus secara detail disebutkan sehingga tidak menyulitkan proses pembuatan NA. Riski berharap agar proses pelaporan bisa dilakukan oleh masyarakat yang bersangkutan sehingga pada saat pelaporan bisa lebih jelas.

Riski menambahkan bahwa Pemerintah Desa melayani pelaporan NA ke KUA Kecamatan Ponjong secara gratis. Namun demikian Riski berharap agar pelaporan bisa dilakukan sendiri oleh yang bersangkutan mengingat jadwal di KUA kadang tidak sesuai yang diharapkan karena telah lebih dahulu dipakai oleh masyarakat lain yang melaporkan lebih awal sehingga perlu konfirmasi ulang kepada yang bersangkutan.

Setelah proses pelaporan kepada KUA, kedua calon pengantin beserta wali diharapkan segera melakukan ‘tarikh’ atau penataran pra nikah agar apabila terdapat dokumen dan persyaratan lain yang belum lengkap bisa segera dilengkapi serta jadwal ijab kabul dapat benar-benar dipastikan.

Puncaknya pelaksanaan ijab kabul masyarakat juga harus memperhatikan jadwal yang telah dipastikan. Pelaksanaan ijab hendaknya dilaksanakan secara tepat waktu mengingat petugas KUA juga harus mengatur jadwal pelaksaan ijab ditempat lain. Dengan demikian apabila terjadi keterlambatan pelaksanaan ijab kabul tentu akan menghambat pelaksanaan ijab ditempat yang lain. (rizkya)

Foto: google

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM