Perlombaan Tradisional, Perlu Dilestarikan

Riskianto, A.Md. 16 Mei 2016 13:49:12 WIB

"Balap" mungkin di benak kita berfikir tentang beradu kecepatan dengan alat transportasi.misal dengan mobil,montor atau sepeda. Namun berbeda dengan dengan tradisi yang satu ini. Yaaa.. "Balap Karung" adalah tradisi lomba anak-anak yang biasa di laksanakan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

Dalam acara menyongsong atau memeriahkan HUT RI, biasanya Karangtaruna Padukuhan atau Desa mengadakan perlombaan yang diikuti oleh anak-anak, remaja bahkan orang tua juga ikut andil dalam acara tersebut.

Di era perkembangan jaman, tradisi tersebut sudah mulai terkikis dan tergantikan oleh berbagai macam permainan canggih dari berbagai media elektronik dan smartphone.Namun di Desa sawahan tradisi tersebut masih rutin di gelar dalam menyongsong HUTRI setiap tahunya. Ada berbagai macam perlombaan anak2 yang di gelar selain balap katung antara lain lari kelereng, makan krupuk, pukul air dalam plastik dan masih banyak lagi macam-macam perlombaan yang di gelar. 

Dalam peringatan HUTRI ke-70 tahun lalu di Padukuhan Sawahan, Desa Sawahan nampak meriah dengan menggelar berbagai macam tradisi perlombaan anak-anak tersebut, bahkan para ibu-ibu juga ikut ambil bagian dengan mengikuti lomba sepakbola dengan menggunakan sarung yang di gelar oleh karangtaruna setempat. Mudah-mudahan dengan berkembangnya teknologi yang serba canggih tidak mengikis tradisi-tradisi yang perlu dipertahankan keberadaanya. (Tony Molten)

Komentar atas Perlombaan Tradisional, Perlu Dilestarikan

Edy Sunyoto Bdg 16 Mei 2016 16:34:56 WIB
Permainan tradisional tetep perlu dilestarikan seperti egrang, dakon,Gobak dll, supaya tidak biar punah oleh permainan modern seperti Game,dan permainan Play Station
suryono yogya 16 Mei 2016 14:20:52 WIB
Maju terus sawahan , sukses selalu untuk kita semua.dusun sawahan harus bisa jadi pelopor dusun2 lainnya. Semangaaaaatttt....

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM