Potensi Kerajinan Ukir Batu Alam 'Paras Jogja' Sendang I

13 Juli 2018 10:23:33 WIB

Sawahan (SIDA) – Selain memiliki potensi sebagai pusat kerajinan batu mulia ternyata Desa Sawahan juga menjadi salah satu pusat kerajinan ukir batu alam yang masih ada. Salah satu kelompok yang masih bertahan adalah Kelompok pengrajin batu alam ‘Paras Jogja’ Sendang I.

Kelompok pengrajin merupakan putra daerah dari Padukuhan Sendang I yaitu Munadi, Suyono, Shobirin, Markum Yuni Antoro, dan Febrianto. Kelompok tersebut telah berdiri sejak tahun 2006 dan telah memproduksi berbagai kerajinan mulai dari kaligrafi, ukir, lukisan batu alam, patung, pot, dan kerajinan lainnya yang telah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Ketua Kelompok, Munadi mengungkapkan bahwa saat ini pemasaran hasil kerajinannya melalui transaksi konvensional dan melalui media sosial. Munadi mengeluhkan bahwa saat ini kelompok pengrajin terkendala terkait dengan peralatan yang terbatas serta tempat produksi yang masih menjadi satu dengan rumah tinggal.

Harapannya kelompok pengrajin tersebut bisa mendapatkan perhatian Pemerintah sehingga bisa berkembang dan membawa dampak kemajuan bagi perekonomian warga Desa Sawahan.

Monggo bagi yang berminat membawa pulang kerajinan atau yang hendak pesan kerajinan ukir dapat menghubungi redaksi atau datang langsung ke rumah produksi kelompok ukir batu alam ‘Paras Jogja’ di Padukuhan Sendang I RT 03 RW 06. Harganya sangat terjangkau mulai Rp. 600.000 sampai dengan Rp. 1.500.000,00. Bisa juga pesan ukir sesuai dengan keinginan dengan harga relatif murah sesuai dengan tingkat kesulitannya. Bagi yang diluar daerah bisa juga pesan melalui telpon/sms/whatsapp di nomor 087771789330. (Lasimin/Foto:Lasimin)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM