Desa Menjadi Bagian Pengembangan ‘Gunungkidul Smart City’

13 Juli 2018 11:35:54 WIB

Wonosari (SIDA) – Era digital saat ini memaksa penyelenggaraan pemerintah yang mengarah terwujudnya ‘smart city’. Hal tersebut memaksa seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mulai dari desa dan OPD wajib mengelola sebuah sistem  yang terintegrasi sebagai bentuk implementasi e-government.

Salah satu langkah yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Forum e-government desa pada Rabu (11/07) di Aula BMT Dana Insani Gunungkidul.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk pengembangan dan percepatan implementasi e-government di Kabupaten Gunungkidul dimana desa memiliki peran strategis untuk menunjang perwujudan ‘smart city’ tersebut.

Desa diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan Sistem Informasi Desa yang telah diterapkan di seluruh desa di Kabupaten Gunungkidul. Konsep smart city mempunyai implikasi kepada desa untuk menyesuaikan kebijakan smart city sehingga desa didorong untuk memanfaatkan dan melakukan updating secara berkala SID yang dimiliki, tidak hanya sebagai web tetapi sebagai pengolah data yang dijadikan dasar pengambilan keputusan. (kominfogunungkidulkab.go.id/toni setiawan)

Foto: Toni Setiawan

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM