Mahasiswa UNY Tertarik dengan Pengelolaan Bank Sampah Sambirejo

Riskianto, A.Md. 02 Agustus 2018 09:30:38 WIB

Sawahan (SIDA) -  Bank Sampah Sambirejo sejauh ini telah berhasil menarik perhatian berbagai kalangan salah satunya adalah para mahasiswa KKN Universitas Negeri Yogyakarta yang tertarik untuk melihat secara langsung pengelolaan Bank Sampah di Sambirejo.

Pada Rabu (02/08) beberapa mahasiswa UNY melihat langsung kegiatan Bank Sampah di Padukuhan Sambirejo baik operasional Bank Sampah maupun administrasi pembukuannya yang diharapkan dapat ditularkan kepada Padukuhan lainnya di Desa Sawahan maupun diluar Desa Sawahan.

Sejak dikukuhkan melalui Keputusan Desa Sawahan Nomor 28/KPTS/2017, Bank Sampah Sambirejo telah beroperasi cukup baik karena mampu mewujudkan bentuk pemberdayaan masyarakat untuk mengelola sampah dengan baik dan benar sehingga berdampak kepada kesehatan lingkungan dan ekonomi masyarakat.

Saat ini hampir seluruh warga masyarakat Padukuhan Sambirejo terlibat dalam kegiatan tersebut. Masyarakat dapat mengambil keuntungan ekonomi dari sampah yang tadinya hanya dibakar atau ditimbun dan mencemari lingkungan. Selain itu Bank Sampah juga menjadi sarana komunikasi dan interaksi warga masyarakat sehingga distribusi pengetahuan dan informasi benar-benar diterima masyarakat Sambirejo secara luas.

Harapannya Bank Sampah yang telah beroperasi dengan baik tersebut dapat terus ditingkatkan sehingga masyarakat dapat memanfaatkan sampah menjadi nilai ekonomi yang dapat sedikit membantu kebutuhan masyarakat serta mampu mengatasi permasalahan kesehatan terkait dengan sampah. (Dwi Yuliana)

Foto: Grup WA Bank Sampah Sambirejo

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM