Perpustakaan Desa, Membangun Masyarakat Gemar Membaca

Riskianto, A.Md. 18 Mei 2016 11:04:51 WIB

Sawahan (SID) - "Buku adalah gudang Ilmu, membaca adalah kuncinya", pepatah ini kerap kita dengar, hampir semua orang yang pernah mengenyam pendidikan formal mengenal pepatah ini. Tapi yang menyadari dan melakukannya masih sedikit. Minat baca penduduk negeri ini masih rendah. Aktivitas membaca belum begitu membudaya di kalangan masyarakat, begitu juga yang terjadi di Desa Sawahan.

Padahal, di Desa Sawahan sudah tersedia Perpustakaan Desa "Manunggal" yang telah dibuka untuk umum sejak awal tahun 2016 yang lalu, tetapi minat baca masyarakat desa Sawahan masih cukup rendah. Terbukti kunjungan masyarakat ke Perpustakaan Desa masih sedikit. Perpustakaan Manunggal Desa Sawahan menyediakan berbagai macam buku mulai dari buku cerita anak-anak, pengetahuan umum, fiksi, keagamaan, pengetahuan wiraswasta, dan sebagainya yang seharusnya bisa menjadi bahan bacaan masyarakat.

"Saat ini yang banyak berkunjung adalah perangkat desa, untuk masyarakat umum masih jarang, paling banyak 15-25 orang tiap hari", ungkap Rudi Setiawan, salah satu penjaga perpustakaan. Perpusatakaan Desa buka setiap hari Senin-Jumat, mulai Pukul 08.00 s.d 14.30 untuk hari Senin-Kamis, untuk hari Jumat buka pada pukul 08.00 s.d 11.30. Lokasi Perpustakaan Manunggal Desa Sawahan berada di komplek Balai Desa Sawahan tepatnya bersebelahan dengan Ruang Pelayanan Umum. Diharapkan masyarakat yang mengurus surat-surat di Desa Sawahan bisa sejenak singgah di Perpustakaan sambil menunggu pelayanan.

Para pengurus Perpustakaan Manunggal Desa Sawahan terus berupaya agar Perpustakaan yang merupakan Bantuan dari Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Daerah Istimewa Yogyakarta ini bisa lebih maju dan minat baca masyarakat desa Sawahan meningkat. Ayo Masyarakat Desa Sawahan, budayakan gemar membaca! (rizkya/rudi)

 

Beberapa kalimat dikutip dari: kompasiana.com

Komentar atas Perpustakaan Desa, Membangun Masyarakat Gemar Membaca

Admin 19 Mei 2016 12:19:25 WIB
Masukan yang baik, terimakasih.
Edy S 18 Mei 2016 13:42:12 WIB
Barangkali suatu saat perlu dicoba diadakan perpustakaan keliling

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM