Bersih Dusun/Rasulan Padukuhan Sambirejo, Sawahan, Gedong 2018

13 Agustus 2018 13:55:11 WIB

Sawahan (SID) - Bersih Dusun/Rasulan merupakan tradisi leluhur yang hingga saat ini masih dilestarikan oleh mayoritas masyarakat Kabupaten Gunungkidul tak terkecuali di Desa Sawahan. Setiap tahunnya Padukuhan Sawahan, Sambirejo, dan Gedong melaksanakan kegiatan Bersih Dusun. Salah satu agenda yang tidak pernah ketinggalan dalam acara Bersih Dusun adalah Kenduri.

Kenduri merupakan tradisi sedekah bumi yang dilaksanakan oleh masyarakat dengan cara berkumpul di Balai Padukuhan atau tempat yang telah ditentukan dengan membawa 'ingkung' atau separuh ekor ayam panggang oleh tiap rumah tangga, kemudian berdoa bersama agar dapat diberikan keselamatan dan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa. Selanjutnya ingkung tersebut dibagikan kepada seluruh peserta kenduri sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tahun 2018 ini Bersih Dusun/Rasulan di Padukuhan Sawahan, Sambirejo, dan Gedong dilaksanakan pada hari Senin (13/08) dengan acara kenduri di masing-masing Padukuhan dan kegiatan-kegiatan lainnya seperti kegiatan olahraga dan kerja bakti lingkungan, dilanjutkan puncak acara yang dilaksanakan pentas wayang kulit oleh Ki Dalang Mujiyanto di Balai Padukuhan Sawahan.

Semoga Rasulan di Padukuhan Sawahan, Sambirejo, Gedong ini membawa berkah bagi warga 3 Padukuhan tersebut dan seluruh warga masyarakat di Desa Sawahan. (Catur,Toni, Dwi Y, Suyono)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM