Keterbatasan, Bukan Halangan Untuk Berkembang

Riskianto, A.Md. 19 Mei 2016 20:48:03 WIB

Sawahan (SID) - Secara geografis wilayah desa Sawahan merupakan wilayah yang berbukit-bukit, sehingga jaringan seluler maupun jaringan data atau internet susah diterima di sebagian wilayah Desa Sawahan, contohnya pada sebagian wilayah di Padukuhan Plarung, Sawur, Jatisari, Selonjono, Gedong dan Sawahan. Layanan internet yang disediakan oleh penyedia layanan data selular juga tidak maksimal diterima di wilayah desa Sawahan. Layanan internet dari Penyedia Jasa Internet atau ISP (Internet Service Provider) diperkirakan membutuhkan 40-50 meter stik tower dengan biaya yang cukup besar.

Hal tersebut tentunya membuat Pemerintah Desa terhambat dalam proses pertukaran informasi, dan cukup sulit untuk memaksimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Kegiatan Pemerintahan desa. "Saat ini kita belum menganggarkan pemasangan jaringan internet, tetapi kita upayakan untuk tahun ini kita bisa anggarkan melalui review APBDesa jika memang memungkinkan, tetapi jika tidak, kita akan alokasikan pemasangan jaringan internet pada tahun 2017" ungkap Suprapto, Kepala Desa Sawahan.

Tuntutan dari Pemerintah Daerah dalam hal pemanfaatan teknologi informasi untuk kegiatan Pemerintah Desa diupayakan semaksimal mungkin walaupun secara infrastruktur dan sumber daya belum memadai. Seperti pada saat ini dimana desa dituntut mengembangkan Sistem Informasi Desa yang mana kebutuhan internet desa Sawahan hanya memanfaatkan tethering/hotspot dari Smartphone dan Modem. "Ini sebagai alternatif sebelum kita mempunyai jaringan internet sendiri", ungkap Riskianto, A.Md., administrator IT Desa Sawahan, sekaligus Kabag Kesra Desa Sawahan. 

Walaupun demikian Desa Sawahan sudah aktif dalam mengembangkan sistem informasi desa walaupun memang infrastruktur baik pengadaan komputer desa yang belum memadai, maupun sumber daya manusia yang terbatas tidak menjadikan hambatan bagi Pemerintah Desa Sawahan untuk terus belajar dan mengembangkan sistem informasi desa demi kelancaran kegiatan pemerintahan desa.

"Kita maksimalkan fasilitas yang ada walaupun terkesan seadanya, tetapi bisa dilihat bahwa kita tidak tertinggal dengan desa lain yang sumber daya dan infrastrukturnya lebih baik dibandingkan kita", pungkas Riski. Jadi apapun itu jangan jadikan keterbatasan yang kita miliki menjadikan hambatan kita untuk terus berkembang, Betul tidak? (rizkya)

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM