Bangga Menggunakan Batik di Hari Batik Nasional

02 Oktober 2018 13:05:40 WIB

Sawahan (SIDA) - Tanggal 2 Oktober yang ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional berawal dari penetapan batik oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) yang juga dikuatkan dengan Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional.

Batik Indonesia telah dikukuhkan ke dalam Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia oleh UNESCO. Selain itu batik dapat meningkatkan citra positif dan martabat bangsa Indonesia di Forum Internasional serta menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan terhadap kebudayaan Indonesia.

Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia, Pemerintah telah menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional sehingga berdasarkan Surat Edaran dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 12/SE/IX/2018 tentang Hari Batik Nasional, disampaikan beberapa point diantaranya bahwa Yogyakarta telah dinobatkan sebagai Kota Batik Dunia oleh Dewan Kerajinan Dunia dan akan melaksanakan kegiatan Jogja International Batik Biennale (JIBB) 2018 pada tanggal 2-6 Oktober 2018 di Yogyakarta.

Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan JIBB 2018 tersebut, Kepala Perangkat Daerah dan Direktur Utama BUMD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul diperintahkan memakai pakaian dinas batik sampai dengan Jumat (05/05) atau Sabtu (06/09).

 

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Desa Sawahan mulai Selasa (02/10) dipimpin langsung oleh Kepala Desa Sawahan memerintahkan jajarannya untuk memakai seragam batik sampai dengan waktu sesuai surat edaran tersebut. (dikutip dari website resmi Pemkab Gunungkidul)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM