Penyelesaian Sertifikat Tanah PTSL Terus Dikejar

Riskianto, A.Md. 09 Oktober 2018 16:09:30 WIB

Sawahan (SIDA) – Program sertifikasi tanah masal yang menyasar Desa Sawahan pada tahun 2017 lalu menyelesaikan 2.100 bidang tanah tersebar di 10 Padukuhan. Progress penyelesaiannya secara bertahap terus dikejar setelah sebelumnya dibagikan sebanyak 1.919 bidang yang telah selesai dicetak.

Sisa sertifikat yang belum dibagikan terus dikejar penyelesaiannya oleh panitia di tingkat Kabupaten. Bowo Sutrisno, S.IP. menjelaskan bahwa sertifikat yang belum dibagikan sebenarnya sebagian besar sudah dicetak, namun perlu konfirmasi dan penyelesaian terkait dengan pajak terutang dan BPHTB (Biaya Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) dari pemohon yang dikenai PPh atau BPHTB.

Bowo Sutrisno, S.IP Kasi Pemerintahan sekaligus koordinator panitia tingkat desa menerangkan bahwa biaya persiapan PTSL dari pemohon memang tidak termasuk biaya PPAT, PPh atau BPHTB sehingga pemohon yang dikenakan biaya tersebut perlu melakukan konfirmasi penyelesaiannya.

“Tidak semua pemohon terkena PPh atau BPHTB. Kebanyakan yang terkena PPh atau BPHTB adalah tanah yang diproses secara Jual Beli/Hibah yang dikenakan sesuai dengan peraturan yang berlaku.” jelas Bowo.

Beberapa waktu yang lalu pemohon yang dikenakan PPh atau BPHTB telah diundang untuk melakukan musyawarah disamping melakukan konfirmasi terkait penyelesaiannya serta memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait PPh dan BPHTB.

“Saat ini data yang sudah diproses telah dikembalikan ke BPN dan mudah-mudahan dapat segera diselesaikan dan dibagikan kepada pemohon” imbuhnya.

Bowo berharap bahwa masyarakat bisa memahami proses tersebut. Apabila terdapat kejanggalan atau hal yang kurang jelas, masyarakat dapat segera melakukan klarifikasi dan konfirmasi kepada Pemerintah Desa. (rizkya)

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM