Realisasi Bantuan Kepada Penyandang Disabilitas Desa Sawahan

18 Oktober 2018 09:16:13 WIB

Wonosari (SIDA) – Rabu (17/10) 2 Penyandang disabilitas di Desa Sawahan menerima bantuan kursi roda dari kegiatan bhakti sosial yang dilaksanakan oleh Kodim 0730 Gunungkidul dalam rangka HUT TNI ke-73 beberapa bulan lalu.

Sebanyak 7 penyandang disabilitas di Desa Sawahan diupayakan mendapatkan pelayanan kesehatan termasuk fasilitasi alat bantu seperti alat bantu pendengaran, kursi roda, kaki dan tangan palsu. Namun sampai saat ini yang terealisasi baru 2 kursi roda.

Sumanto (67 tahun) dan Fitrianti (32 tahun), warga Padukuhan Plarung mendapatkan masing-masing 1 set kursi roda yang telah disesuaikan  ukuran maupun tipe dan kebutuhan penyandang disabilitas tersebut.

Dukuh Plarung, Triyanto yang mendampingi pengambilan bantuan menyampaikan terimakasihnya kepada Pemerintah Desa dan Kodim 0730 yang telah mengupayakan bantuan kepada warganya tersebut.

Sementara itu Kasi Pelayanan Desa Sawahan, Riskianto, A.Md. mengungkapkan bahwa Pemerintah Desa terus berupaya meningkatkan perhatian kepada penyandang disabilitas agar mendapatkan fasilitasi kesehatan, terutama peralatan medis yang menjadi kebutuhan penyandang disabilitas.

Riski menjelaskan bahwa walaupun tahun ini belum ada alokasi khusus melalui APBDesa, namun Pemerintah Desa terus berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti Dinas Sosial, Bapel Jamkesos dan pihak lainnya dalam hal penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) terutama bagi penyandang disabilitas.

Riski menambahkan bahwa saat ini Pemerintah Desa terus menyisir warga masyarakat penyandang disabilitas agar mendapatkan perhatian sehingga hak-hak sosial bagi mereka dapat terpenuhi. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM