Jurnalisme Inisiatif, Bentuk Eksistensi Kelompok Rentan

24 November 2018 07:58:06 WIB

Wonosari (SIDA) – Sekitar 10 ribuan penyandang disabilitas tersebar di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Sampai saat ini pendampingan dan peningkatan sumber daya terhadap para penyandang disabilitas tersebut tentu belum maksimal.

Hal tersebut mendorong Lembaga Swadaya Masyarakat ‘Humanity Inclusion’ bersama dengan jejaring melaksanakan advokasi untuk kelompok rentan tersebut. Kamis (22/11) menghadirkan para pegiat, kelompok disabilitas, pengelola websiste desa serta atmaGo melaksanakan workshop yang dilaksanakan di Kampung Tani, Piyaman, Wonosari.

Desa Sawahan sebagai salah satu desa pengembang SID yang cukup progresif turut menjadi bagian dalam kegiatan tersebut. Workshop tersebut sebagai bentuk sinergitas Pemerintah, Lembaga non Pemerintah dan masyarakat untuk mendorong partisipasi dan kontribusi para penyandang disabilitas dalam proses pembangunan.

Selain itu, keterlibatan penyedia layanan juga diharapkan kontribusinya untuk membuat layanan yang lebih aksesibel bagi masyarakat khususnya keberpihakan pada warga penyandang disabilitas agar dapat mengakomodir kebutuhan dan potensi masyarakat yang ada, sehingga Pemerintah dan Penyedia Layanan bisa mendapatkan nilai lebih dari proses kerja bersama mulai dari kolaborasi pada proses perencanaan sampai dengan monitoring pekerjaan.

Kerja bersama ini juga meliputi keterlibatan media tidak terkecuali website Desa Sawahan yang diharapkan dapat memperluas informasi dari program tersebut. Kerja-kerja jurnalistik yang berbasis pada Komunikasi, Informasi dan Edukasi diharapkan dapat meningkatkan dan mendukung kontrol masyarakat dalam penganggaran yang terbuka dan partisipatif. Media juga diharapkan mampu menjadi mitra yang akan mendiseminasikan dan mendorong rekomendasi program pada tingkat desa, daerah sampai tingkat nasional. (Retno N/atmaGo)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM