Warga Desa Sawahan Mulai Berburu Entung dan Ulat Jati

20 Desember 2018 23:28:26 WIB

Sawahan (SID) - Berkembangnya teknologi saat ini mengakibatkan berkembangnya  juga kuliner di Indonesia. Berbagai macam makanan yang muncul semakin bervariasi, sehingga menyebabkan bergesernya makanan atau minuman tradisional ke makanan atau minuman modern. Makanan-makanan lokal seakan terus tergerus trend makanan modern. Ambil saja contoh minuman bir temulawak yang sekarang sudah hilang bak ditelan bumi tergeser oleh softdrink, dan masih banyak lagi makanan lokal yang mulai punah.

Tetapi, di Desa Sawahan ada makanan yang ekstrem yang sejak dahulu tidak tergerus oleh perkembangan jaman. Ya...ulat jati dan kepompong jati atau nama jawa 'Ungkrung' atau 'Entung' masih saja menjadi buruan yang menarik bagi sebagian warga masyarakat Desa Sawahan. Sayangnya, makanan ini muncul pada saat musiman sehingga tidak bisa setiap saat dinikmati.

Entung Jati atau Ulat Jati biasanya muncul pada musim awal penghujan. Saat sudah mulai musim tersebut 'Entung' menjadi buruan favorit warga masyarakat. Dengan penuh semangat mereka mengais entung satu demi satu untuk mendapatkan entung sebanyak-banyaknya. Ibu-ibu bersama anak-anaknya menggerombol untuk mendapatkan buruan ekstrem tersebut.

Bagi kita mungkin jijik atau geli melihat entung apalagi menjadi santapan makan, tetapi bagi sebagian besar warga masyarakat Desa Sawahan merupakan makanan yang lezat dan menjadi makanan favorit pada musimnya. Dimasak dengan bumbu bawang putih dan garam atau dibacem kemudian digoreng sudah menjadi lauk yang nikmat dan menggugah selera. Woow.. 

Entung atau ulat jati mungkin menjadikan kerinduan tersendiri bagi masyarakat Desa Sawahan yang sekarang tinggal di perantauan. Makanan ini menjadi ekslusif karena tidak semua tempat bisa menyediakannya. Jadi bagi anda yang rindu makan entung dan ulat jati, ayo segera pulang kampung sekaligus liburan karena waktu dekat ini di beebrapa wilayah Desa Sawahan sudah musim entung. Monggo.. (rizkya)

Sumber Gambar: google

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM