215 Rumah Disapu Habis BSPS

Riskianto, A.Md. 25 Mei 2016 22:57:20 WIB

Sawahan (SID) - Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang masuk di Desa Sawahan pada tahun 2015 yang lalu telah berhasil mengentaskan 215 rumah tidak layak huni di Desa Sawahan. Sebelumnya diusulkan sebanyak 222 rumah, namun yang lolos sebanyak 215 dan mengundurkan diri 1 rumah.

BSPS merupakan program dari Pemerintah Pusat melalui Kemenpupera untuk memancing swadaya masyarakat berpenghasilan rendah, sehingga bisa membangun rumah dengan dana stimulan yang diberikan tersebut. Bantuan rumah tidak layak huni di Desa Sawahan semua berkategori Peningkatan Kualitas rumah rusak berat sehingga mendapatkan nilai stimulan sebesar Rp. 15.000.000 per rumah yang meliputi perbaikan atap, lantai, dan dinding.

"Ini program luar biasa karena bisa mengentaskan hampir 95% rumah tidak layak huni di Desa Sawahan" ungkap Kabag Kesra Desa Sawahan, Riskianto. Program senilai 3,225 Miliar Rupiah tersebut dimulai sejak November 2015 dan selesai sekitar pertengahan bulan Januari 2016. Noto Giyarno, salah satu penerima bantuan tersebut mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah yang telah membantu masyarakat kecil sehingga bisa membangun rumah menjadi lebih layak dan sehat. Masyarakat berharap agar program ini terus berlanjut dan bisa menyelesaikan permasalahan sosial yaitu rumah tidak layak huni baik dilihat dari nilai sosial dan dari sisi kesehatan.

Menurut Nundang Suryana, Tim Ahli Pendataan RTLH bahwa Desa Sawahan masih mempunyai kesempatan untuk meraih BSPS Kategori Pembangunan Baru (Backlog) yang pada tahun ini diusulkan kembali. Kepala Desa Sawahan mengharapkan keberhasilan program BSPS di Desa Sawahan di tahun 2015 ini bisa berlanjut dengan realisasi program yang diusulkan tersebut, "Kami memohon doa restu masyarakat agar usulan tersebut bisa terealisasi di Desa Sawahan dalam waktu dekat ini", ungkap Suprapto. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM