Pemohon Aktif Kartu Indonesia Sawahan Cukup Tinggi

20 Januari 2019 15:09:06 WIB

Sawahan (SIDA) – Selama tahun 2018 lalu jumlah pemohon yang mengajukan Kartu Indonesia Sehat (KIS) Penerima Bantuan Iuran (PBI) melalui segmen APBD secara mandiri sebanyak 92 pemohon, sedangkan data tercecer yang diajukan secara kolektif sebanyak 142 pemohon.

Dari sekian banyak pemohon yang mengajukan KIS melalui segmen APBD Kab Gunungkidul tersebut didistribusikan sebanyak 436 kartu yang didistribusikan selama tahun 2018 lalu dengan rincian tahap I sebanyak 17 kartu dan tahap II 419 kartu. Dari jumlah tersebut masih banyak ditemukan data KIS yang tercetak ganda sehingga penerima KIS harus melakukan konfirmasi kepada BPJS Kesehatan untuk memastikan kartu yang aktif.

Riskianto, A.Md. Kasi Pelayanan Desa Sawahan mengungkapkan bahwa pemohon yang mengajukan kepesertaan KIS PBI cukup. Sampai dengan pertengahan Januari 2919 ini saja pemohon aktif sudah diatas 30 pemohon. Hal ini membuktikan bahwa KIS PBI sangat-sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Riski menjelaskan bahwa sampai saat ini belum ada informasi dari Pemerintah Daerah terkait dengan tata cara dan mekanisme pengajuan KIS PBI segmen APBD sehingga Riski tetap mengajukan dengan mekanisme seperti tahun sebelumnya.

Riski berharap agar warga masyarakat kurang mampu untuk aktif mengajukan kepesertaan KIS. Bagi warga mampu membayar iuran bulanan BPJS diharapkan kesadarannya untuk menonaktifkan dan mengajukan kepesertaan mandiri. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM