1000 Berita pada 144 Website Desa Sukses, Apa Kontribusi Desa Sawahan?

Riskianto, A.Md. 27 Mei 2016 20:45:32 WIB

Sawahan (SID) - Keberhasilan program 1000 Berita pada 144 Website Desa se Kabupaten Gunungkidul tidak terlepas dari usaha dan kerja keras dari Tim Pengembang SID Kabupaten Gunungkidul dan Tim Jurnalis dari masing-masing desa. Berkaitan dengan hal tersebut Kecamatan Ponjong menyumbangkan kontribusi 101 berita dari 1000 berita yang masuk atau sekitar 10% dari program tersebut yang mana seluruh Kecamatan di Kabupaten Gunungkidul ini berjumlah 18 Kecamatan.

Artinya, Kecamatan Ponjong turut berkontribusi di atas rata-rata dalam program tersebut. Kontribusi terbesar berasal dari Kecamatan Patuk dan Panggang dimana 2 Kecamatan tersebut merupakan basic dari Pengembangan Sistem Informasi Desa di Kabupaten Gunungkidul ini. Dengan demikian Kecamatan Ponjong sebenarnya bisa dikatakan sebagai kontributor terbanyak dibanding dengan kecamatan lain yang merupakan ekspansi pengembangan SID setelah 2 kecamatan pionir tersebut.

Kecamatan Ponjong terdiri dari 11 Desa yang turut andil dalam pengembangan SID ini. Desa Sawahan sebagai piloting Desa Pengembang SID di Kecamatan Ponjong sendiri berkontribusi sebanyak 42 artikel berita dari 101 artikel berita Kecamatan Ponjong atau sebanyak 41,5% dari Total Kecamatan Ponjong atau berkontribusi sebanyak 4,2% dari program 1000 Berita ini. Dengan kata lain Desa Sawahan berkontribusi jauh diatas rata-rata desa yang besarnya 0,7% jika dibagi rata.

Memang pada saat ini masih mengejar kuantitas artikel berita dalam program 1000 Berita ini, tetapi bagi Sawahan sejak awal sudah berkomitmen untuk selalu berusaha untuk tidak hanya mengejar kuantitas, tetapi memang kualitas artikel berita yang juga mumpuni. Redaksi berusaha menampilkannya dalam bentuk semenarik mungkin. Namun demikian, publik lah yang menilai kualitas artikel berita itu sendiri karena sudah pasti tulisan-tulisan yang tersaji jauh dari sempurna, dan pasti publik juga akan memahami bahwa semuanya memang dalam tahap belajar.

Harapannya, Website Desa Sawahan ini bisa memberikan informasi dalam bentuk tulisan dan tampilan yang terbaik bagi publik, khususnya masyarakat Desa Sawahan sehingga bisa menjadi kerinduan publik dalam hal ini netizen untuk selalu hadir mengikuti perkembangan website Desa Sawahan ini. (rizkya)

 

Sumber Foto: Tim 18 Pengembang SID Kabupaten Gunungkidul

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM