Upacara Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul Ke-185

Riskianto, A.Md. 27 Mei 2016 21:33:36 WIB

Sawahan (SID) - Puncak rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Gunungkidul ke-185 adalah pelaksanaan upacara di alun-alun kota Wonosari hari ini (27/05). Kepala Desa Sawahan beserta Perangkat Desa Sawahan sejak pagi sudah menyiapkan diri untuk mengikuti kegiatan puncak acara Hari Ulang Tahun Kabupaten Gunungkidul ini. Walaupun agenda sejak kemarin sangat padat dan cukup membuat lelah, tetapi Kepala Desa dan Perangkat Desa penuh semangat mengikut rangkaian kegiatan ini, terbukti sejak jam 6 pagi Kepala Desa dan Perangkat Desa sudah siap di Balai Desa Sawahan.

Untuk Gunungan sudah diantarkan terlebih dahulu menggunakan mobiil pick up yang dikemudikan oleh Pak Sugiyarto/Cethem bersama dengan warga pengantar gunungan dan hansip. Pada upacara ini, seluruh perangkat desa menggunakan pakaian adat Jawa lengkap. 19 Personil dalam 4 mobil berangkat beriringan menuju alun-alun Wonosari dipimpin langsung oleh Kepala Desa Sawahan, Suprapto.

Upacara Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ini dimulai pada pukul 08.30 WIB. Acara ini diikuti oleh SKPD, PNS, TNI, POLRI dan Perangkat Desa se Kabupaten Gunungkidul. Ribuan orang berpakaian jawa lengkap memenuhi alun-alun kota Wonosari. Pakaian adat ini adalah sebagai bentuk penghormatan dan pelestarian nilai-niilai budaya dan tradisi. Pada acara ini ditampilkan juga kesenian jathilan dan tari tradisional yang menambah suasana menjadi lebih meriah. Pada kesempatan ini Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, KGPAA Pakualam X turut hadir sebagai inspektur Upacara.

Pada Perayaan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul tersebut, KGPAA Pakualam X membacakan sabdatama Mangyubagyo Pahargyan Tanggap warsa Kabupaten Gunungkidul KA 185 oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Dalam sambutannya, Gubernur meminta bertambahnya usia ini menjadi cambuk bagi pemerintah untuk meningkatkan profesionalisme dalam melayani masyarakat. Pemerintah harus mampu merancang dan menjalankan program yang tepat sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Semua Perangkat Desa Sawahan mengikuti upacara dari awal sampai selesai sekitar pukul 10.30 WIB. Suprapto, mengatakan "Selamat Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul, Semoga Gunungkidul bisa lebih maju sesuai dengan tema Hari Ulang Tahun Kabupaten Gunungkidul Ke-185 ini menjadikan seluruh warga masyarakat Kabupaten Gunungkidul sejahtera dan makmur, gemah ripah loh jinawi". Suprapto menambahkan agar seluruh pegawainya mengindahkan apa yang telah disampaikan oleh inspektur upacara kaitannya dengan profesionalisme pelayanan terhadap masyarakat. (rizkya)

 

Sumber Informasi: news.okezone.com, jogja.tribunnews.com

 

Komentar atas Upacara Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul Ke-185

yanto 30 Mei 2016 08:58:30 WIB
Moga pembangunan maju...

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM