Pemutakhiran Data Kemiskinan Bidang Kesehatan Kabupaten Gunungkidul

28 Mei 2019 01:05:51 WIB

Wonosari (SIDA) - Upaya Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk pemutakhiran data kemiskinan terus dilaksanakan. Setiap setahun sekali Pemerintah melakukan pemutakhiran data mengikuti instrumen yang disesuaikan dengan Pusdatin Kemensos dengan harapan agar data dapat diupdate sesuai dengan kondisi terkini.

Untuk memaksimalkan upaya tersebut, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul terus melakukan evaluasi agar data yang diolah benar-benar sempurna. Saat ini dilakukan pemutakhiran di bidang kesehatan sesuai dengan variabel yang ada dalam sistem aplikasi Sikab Gumbregah.

Pelaksanaan awal di tahun 2019 dilaksanakan di 18 Desa terpilih di Kabupaten Gunungkidul termasuk Desa Sawahan yang menjadi wakil satu-satunya di Kecamatan Ponjong. Riskianto, A.Md. Kasi Pelayanan sekaligus koordinator pengelola SID Desa Sawahan mengatakan bahwa proses awal yang dilakukan adalah melakukan updating data Rumah Tangga yang belum lengkap.

Variabel yang harus dilengkapi adalah jenis lantai, dinding, sumber air, dan jamban dari by name data yang diolah melalui Sikab Gumregah. Data yang diolah nantinya akan diintervensi sebagai dasar kebijakan di bidang sosial dan kesehatan dari Pemerintah Desa sampai dengan Pemerintah Pusat.

Semoga upaya yang dilakukan tersebut benar-benar bisa menjawab permasalahan data kemiskinan yang sering menjadi gejolak di masyarakat. (rizkya, foto: Bappeda Kab Gunungkidul)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM