Desa Sawahan Mendapat Paket Kartu Indonesia Pintar

Riskianto, A.Md. 06 Juni 2016 13:08:24 WIB

Sawahan (SID) - Hari ini (06/06) Pemerintah Desa Sawahan menerima paket Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebanyak 552 amplop kartu. KIP merupakan penanda identitas bagi anak usia sekolah umur 6-21 tahun yang berhak atas manfaat PIP (Program Indonesia Pintar). PIP merupakan program yang dicanangkan Presiden Joko WIdodo sebagai salah satu upaya mencerdaskan anak bangsa.

KIP yang diterima oleh Pemerintah Desa langsung didistribusikan kepada penerima melalui Bapak/Ibu Dukuh. Untuk mendapatkan manfaat program PIP penerima kartu tersebut agar melaporkan kepada satuan/program pendidikan formal atau nonformal di bawah Kemendikbud, Kemenag atau Kementrian lain dengan menunjukkan Fotokopi Kartu Keluarga (KK).

Proses selanjutnya adalah pencatatan dan pengajuan ke Kemendikbud dan Kemenag oleh Lembaga Pendidikan. Kemendikbud dan Kemenag akan menerbitkan dan mengirikan Surat Keputusan (SK) Penetapan Penerima Manfaat ke Dinas Pendidikan/Kantor Kemenag Kabupaten Gunungkidul melalu Bank Penyalur yang ditunjuk. Kemudian Penerima bisa mengambil dana manfaat program PIP setelah diinformasikan oleh Sekolah atau Lembaga Pendidikan yang bersangkutan.

Ketentuan yang ditetapkan menjadi penerima KIP adalah satuan pendidikan SD sampai dengan SMA sederajat dengan besaran manfaat sebesar Rp. 225.000,- per semester untuk sederajat dengan SD, Rp. 375.000,- per semester untuk sederajat SMP, dan Rp. 500.000,- per semester untuk sederajat SMA.

Mudah-mudahan dengan program ini masyarakat Desa Sawahan yang menerima manfaat benar-benar sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Pemerintah dan bisa membawa Sawahan ini menjadi Desa Pintar. (rizkya)

 

Sumber Foto: viva.co.id/ Sumber Informasi: Edaran TNP2K

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM