Merokok atau Tidak Merokok Tergantung Pilihan

Riskianto, A.Md. 18 Juni 2016 06:44:49 WIB

Sawahan (SID) - Jumat pagi (17/06) Pemerintah Desa Sawahan dan UPT Puskesmas Ponjong I menyelenggarakan sosialisasi  Peraturan Bupati Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Pertemuan diikuti oleh narasumber dari Puskesmas Ponjong I, seluruh Perangkat Desa Sawahan dan Karang Taruna yang berjumlah 20 orang. 

Suprapto, Kepala Desa Sawahan dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Desa mendukung program Pemerintah di bidang Kesehatan, terutama kaitannya dengan KTR. Rosa Eka Puspita, S.Km, narasumber Puskesmas Ponjong I mengatakan "Kegiatan ini bukan melarang seseorang untuk berhenti merokok, karena merokok adalah hak asasi setiap manusia tetapi untuk melindungi orang yang tidak merokok agar terhindar dari dampak orang yang merokok".

Dalam paparannya, Rosa menyampaikan poin-point dari Perbub tersebut diantaranya untuk melindungi orang yang tidak merokok, para perokok tidak dilarang untuk merokok, tetapi dilarang untuk merokok di Kawasan Tanpa Rokok yang meliputi fasilitas pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat bermain anak, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja, dan tempat umum.

Bagi para perokok disediakan tempat tersendiri di luar KTR tersebut yang harus kontak langsung dengan udara terbuka, tidak di dalam ruang tertutup. Rosa juga menyampaikan ketentuan pidana bagi seseorang yang melanggar isi dari Perbub itu. Dalam kesempatan itu juga disampaikan bahaya-bahaya merokok dan pengetahuan seputar merokok, serta simulasi tentanng bahaya rokok yang dipaparkan oleh Ony W, yang juga Tim Sosialisasi dari Kecamatan. Ony mengungkapkan "Setelah kami sampaikan pengetahuan tentang bahaya merokok, kami kembalikan ke Bapak/Ibu apakah akan tetap terus merokok atau akan berhenti merokok, itu adalah pilihan masing-masing"

Merokok atau tidak merokok itu pilihan. Yang terpenting adalah bahaya rokok tidak berdampak pada orang yang tidak merokok. So, Keep Healthy With Us. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM