Waspada Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

Riskianto, A.Md. 13 Maret 2020 17:03:41 WIB

Wonosari (SIDA) – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Sekretariat Daerah menyampaikan edaran Nomor 443/1099  tentang kewaspadaan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi potensi peningkatan kasus atau Kejadian Luar Biasa (KLB) pada musim penghujan.

Upaya kesiapsiagaan yang dilakukan antara lain:

  1. Memperkuat Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (G1R1J) untuk mewujudkan peran anggota masyarakat sebagai Jumantik di rumah, lingkungan perkantoran, tempat ibadah, sekolah serta tempat-tempat umum.
  2. Meningkatan upaya penggerakan masyarakat dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan melakukan 3M Plus, melalui kegiatan Menguras, Menutup dan Memanfaatkan/Mendaur ulang barang bekas. Plus mencegah gigitan nyamuk melalui berbagai upaya misalnya penggunaan cairan anti nyamuk oles atau spray, memberantas jentik nyamuk dengan larvasida di genangan air dan menanam tanaman pengusir nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik di tempat penampungan air.
  3. Fogging/pengasapan dilakukan sebagai upaya untuk memutus rantai penularan dan bukan untuk mencegah DBD, artinya fogging hanya akan dilaksanakan apabila di suatu wilayah terdapat penularan.
  4. Indikasi adanya penularan dapat diketahui dari laporan surat kewaspadaan dini DBD dari Fasilitas Kesehatan yang merawat dan hasil penyelidikan Epidemiologi (PE) sebagai berikut:1. Terdapat penderita infeksi Dengue lainnnya 1 (satu) atau lebih; 2.Terdapat kasus kematian karena DBD;3. Ditemukan 3 (tiga) atau lebih penderita demam atau tersangka DBD; 4. Ditemukan Angka Bebas Jentik (ABJ) kurang dari atau sama dengan 95%.
  5. Mengaktifkan kembali keklompok kerja penanggulangan DBD pada berbagai tingkatan melalui kegiatan Padukuhan Siaga, Desa Siaga, Kecamatan dan Kabupaten.

 

Diharapkan seluruh komponen masyarakat bisa melaksanakan himbauan dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul ini. (Surat Edaran Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor 443/1099)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM