Desa Sawahan Sudah Banyak Perubahan

Riskianto, A.Md. 19 Juni 2016 11:52:42 WIB

Sawahan (SID) – Kondisi Desa Sawahan sejak era reformasi sampai saat inimengalami perubahan luar biasa. Bidang ekonomi, pertanian, pendidikan, pembangunan, dan hampir di seluruh aspek kehidupan di Desa Sawahan ini mengalami perubahan yang cukup signifikan.

Dari sisi fisik, bisa kita mengingat kembali tahun 2000 an dimana jalan utama di Desa Sawahan masih berupa batu terjal yang sangat susah dilewati, apabila musim hujan sangat licin, tetapi pada saat musim kemarau sangat terjal. Kita bisa melihat juga rumah-rumah masyarakat yang saat ini hampir 95% adalah rumah berstruktur dan permanen. Masih banyak juga perubahan dari berbagai sarana dan prasarana di Desa Sawahan ini.

Dari sisi pertanian juga bisa dilihat bahwa perkembangannya luar biasa. Dahulu hasil panen dari tanah yang begitu luas tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan di kebanyakan masyarakat Desa Sawahan, tetapi saat ini dengan teknik dan pemanfaatan teknologi pertanian, hasil pertanian di mayoritas masyarakat Desa Sawahan meningkat drastis bahkan bisa menopang kebutuhan sehari-hari selain kebutuhan pangan.

Dari sisi pendidikan pada waktu dahulu sangat sedikit lulusan SLTA sederajat apalagi lulusan Perguruan Tinggi. Tetapi saat ini minat pendidikan masyarakat di Desa Sawahan begitu tinggi, terbukti dengan meningkatnya jumlah lulusan yang melanjutkan ke perguran tinggi.

Dari sisi ekonomi, begitu menjamurnya kegiatan usaha di Desa Sawahan ini. Untuk mencari berbagai macam kebutuhan pada waktu dahulu masih harus membutuhkan perjalanan ke wilayah Kecamatan Ponjong dengan akses transportasi yang terbatas. Tetapi saat ini, hampir semua kebutuhan sehari-hari tersedia di wilayah Desa Sawahan ini. Hampir setiap rumah mempunyai kendaraan pribadi berupa motor atau bahkan mobil. Bengkel, tambal ban, laundry, cuci mobil/motor, Kebutuhan alat/obat pertanian, fotokopi & alat tulis, kuliner, penitipan motor, dan masih banyak lagi usaha mikro masyarakat Desa Sawahan ini hampir semua tersedia di wilayah Desa Sawhan ini dan terlihat begitu pesat perkembangnnya.

Masih banyak perubahan di bidang lain di Desa Sawahan ini. Perubahan ini tentunya membawa dampak positif dan juga dampak negatif. Namun demikian, harapannya adalah jangan sampai perubahan di berbagai aspek kehidupan ini menghilangkan jatidiri sebagai warga Desa Sawahan yang hidup bergotong-royong dan berbudaya serta bisa lebih condong terhadap perubahan ke arah yang lebih baik, yaitu masyarakat mandiri yang maju dalam berbagai aspek kehidupan dengan didasari budi pekerti luhur sebagai karakter utama warga Desa Sawahan. (yaduri/rizkya)

Komentar atas Desa Sawahan Sudah Banyak Perubahan

Sukamto 07 Januari 2017 06:45:29 WIB
Mengapresiasi ats kemajuan yg dicapai tingkatkan terus masih banyak plang yg bisa digali seperti permebelan olahan makanan yg bhn bakunya banyak disekitar kita contoh mebel lanting emping sangkar burung/ayam. Maju terus desakudsb
yaduri 06 Januari 2017 23:24:10 WIB
Mungkin yg pnya modal bsa mendirikan warnet,karena tiap anak sekolah ingin mencari tugas msih harus ke warnet ponjong,& warung makan jga blm ada,soalnya tiap ada pendatang/ pegawai yg melewati daerah sendang & sekitsrnya pada nanyain warung makan,ayo kita gali potensi daerah kita,trims atas liputanya

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM