Kebijakan Pemerintah Desa Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19

Riskianto, A.Md. 05 April 2020 11:37:34 WIB

Sawahan (SIDA) – Dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 Pemerintah Desa membentuk Tim relawan Desa Tangguh Covid-19. Hal tersebut merujuk pada surat edaran nomor 8 tahun 2020 dari Kemendes PDTT terkait dengan Desa Tanggap Covid-19 dan penegasan PKTD.

Kepala Desa Sawahan, Suprapto mengatakan bahwa upaya penanggulangan Covid-19 ini sementara didanai melalui plot anggaran dana Desa Siaga yang dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan seperti penyedian sarana/prasana CTPS, sosialisasi pencegahan covid-19, pendirian Posko Desa Tangguh Covid-19, operasional posko, pendataan data transmisi, fasilitasi dasar kepada relawan, serta penyediaan disinfektan untuk sarana umum.

“Sementara ini dana yang dimanfaatkan untuk operasional Desa Siaga memang sangat minim kurang lebih hanyay 7 jutaan, namun demikian Pemerintah Desa telah menyiapkan kebijakan opsi anggaran manakala diperlukan skala penanganan Covid-19 yang lebih besar merujuk SE dari Kemendes PDTT No 8 Tahun 2020” jelas Suprapto.

Suprapto juga juga menyampaikan bahwa dalam upaya yang telah dilaksanakan selama ini dijumpai berbagai kendala diantaranya sulitnya mendapatkan alat pelindung diri sesuai standar yang akan diberikan kepada petugas/relawan seperti masker, hand sanitizer, dsb.

Selain itu, sulitnya mendapatkan cairan disifenktan yang akan disediakan untuk penyemprotan berkala di fasilitas umum Desa Sawahan juga menjadi menghambat meskipun saat ini Pemerintah Desa terus bekerjasama dengan Puskesmas dan BPBD yang juga memfasilitasi bahan disinfekatan walaupun jumlahnya sangat terbatas.

Semoga Desa Sawahan tidak terdampak dari penyebaran Covid-19 sehingga aktivitas sosial perekonomian bisa berjalan normal kembali. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM