Lasangan Ternyata Masih Ada di Desa Sawahan

Riskianto, A.Md. 22 Juni 2016 22:19:07 WIB

Sawahan (SID) - Setiap perayaan hari-hari besar atau hari spesial bagi masyarakat Desa Sawahan ternyata tersimpan hal yang unik, tak terkecuali pada bulan Ramadhan ini. Pemerintah Desa Sawahan saat melaksanakan kegiatan Safari Tarawih di Padukuhan Sambirejo (22/06) menemukan hal unik tersebut yang memang saat ini sudah cukup langka didapatkan.

Kegiatan Safari dilaksanakan seperti biasanya, yaitu kegiatan Shalat Isya, Tarawih, dan Witir berjamaah dilanjutkan dengan penyampaian informasi dari Umara dan pengajian oleh ulama Tim Safari Tarawih Desa Sawahan. Tetapi, hal yang langka muncul setelah kegiatan-kegiatan tersebut berakhir. Tim Pramusaji di Padukuhan Sambirejo dengan membawa nampan besar yang berisi bungkusan daun pisang tampak dibagikan kepada seluruh jamaah yang hadir. Yah bungkusan tersebut adalah bungkusan nasi berisi lauk-pauk yang berbeda-beda. Kebanyakan warga masyarakat Desa Sawahan menyebutnya "Lasangan".

Pada waktu dahulu sebelum modernisasi menggerus tradisi ini, Nasi Lasangan merupakan nasi bungkus daun yang dibawa oleh jamaah pada waktu-waktu tertentu misalnya hari pertama puasa, hari ke-17 atau hari ke-21 puasa. Tiap-tiap jamaah membawa bungkusan tersebut kemudian dikumpulkan menjadi satu. Setelah kegiatan ibadah selesai baru dibagikan kepada jamaah. Nasi berisi lauk yang tentunya tiap-tiap jamaah berbeda, sehingga pada saat pembagian Lasangan akan tumbuh penasaran 'Saya dapat lauk apa ya?' karena nasi yang dibagikan akan dibagikan secara acak.

Setelah masing-masing jamaah memperoleh Lasangan kemudian dilaksanakan makan bersama oleh seluruh jamaah yang membuat rasa kebersamaan begitu kental. Rasa kebersamaan inilah yang saat ini jarang dijumpai pada saat ini. Kebanyakan jamaah di Desa Sawahan sudah tidak melaksanakan tradisi ini. Namun, tradisi yang muncul di Masjid Ar-Rohman Sambirejo ini mengingatkan nostalgia kita pada waktu kecil yang cukup membuat kita merindukannya. Bagaimana dengan anda, apakah anda pernah menjumpainya? (rizkya)

Komentar atas Lasangan Ternyata Masih Ada di Desa Sawahan

karniyati 23 Juni 2016 14:27:21 WIB
maju terus desaku...semoga gemah,ripah loh jinawi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM