Perubahan Nama Desa Sawahan Menjadi Kalurahan Sawahan

Riskianto, A.Md. 10 Juni 2020 22:03:45 WIB

Yogyakarta (SIDA) - Gubernur DIY akan mengukuhkan Lurah se-Kabupaten Gunungkidul sebagai Pemangku Keistimewaan pada hari Kamis besok, 11 Juni 2020 bertempat di Gedhong Pracimasono, Kompleks Kantor Gubernur DIY, Danurejan, Yogyakarta.

Pengukuhan ini menjadi bagian penyelarasan kelembagaan di DIY, amanat Perdais Nomor 1/2018 tentang Kelembagaan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Pergub DIY Nomor 131/2018 tentang Penugasan Urusan Keistimewaan, Pergub 25/2019 tentang Pedoman Kelembagaan pada Urusan Keistimewaan pada Pemerintah Kabupaten/Kota dan Kalurahan, serta Pergub DIY Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemerintahan Kalurahan.

Pengukuhan tersebut menjadi rangkaian acara setelah pelantikan Lurah oleh Bupati Gunungkidul pada pukul 11.30 WIB. Pelantikan dimaksud merupakan 'Pelantikan Kembali' karena perubahan nomenklatur kelembagaan, dari Kepala Desa menjadi Lurah, atau pengembalian nomenklatur dengan memperhatikan bentuk dan susunan pemerintahan asli di DIY.

Kemudian Pengukuhan Lurah sebagai Pemangku Keistimewaan oleh Gubernur DIY akan dilaksanakan mulai pukul 12.30 WIB melalui media video teleconference, dengan skema prosesi dipusatkan pada satu titik di Komplek Kepatihan dan 12 titik di Kabupaten Gunungkidul. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan massa sebagaimana protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran #Covid19.

Pemerintah Daerah DIY mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk menerapkan perubahan kelembagaan melalui pelantikan dan pengukuhan Lurah di Kabupaten Gunungkidul. Kesiapan Lurah beserta Pamong Kalurahan dan Badan Perwakilan Kalurahan juga merupakan wujud komitmen yg kuat terhadap implementasi kebijakan ini. (sumber: @birotapemsetdadiy)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM