Deklarasi Pemerintah Kabupaten Gunungkidul “Gardu Bunga Puspa”

Riskianto, A.Md. 18 Oktober 2020 22:39:03 WIB

Ponjong (SIDA) – Pemerintah Kalurahan Sawahan mengikuti kegiatan deklarasi Pemerintah Kabupaten Gunungkidul ‘Gardu Bunga Puspa” (Gerakan Terpadu Peduli Tumbuh Kembang Anak, Penurunan Stunting dan Penguatan Keluarga) yang dilaksanakan secara daring di Kapanewon Ponjong pada Jumat (16/10).

Kegiatan tersebut secara langsung dilaksanakan di Bangsal Sewakapraja, Wonosari yang diikuti secara daring melalui zoom meeting oleh perwakilan dari tiap-tiap perwakilan dari Kantor Kapanewon.

Deklarai Gardu Bunga Puspa memuat 5 hal yakni:

  1. Implementasi Kebijakan Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Gunungkidul
  2. Menggerakkan Perangkat Daerah, Pemerintah Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Akademisi, Aktitis, Duniai Usaha dan Organisasi Masyarakat untuk mendukung penurunan percepatan stunting.
  3. Menggalakkan seluruh masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat.
  4. Melaksanakan intervensi gizi spesifik, antara lain: memenuhi kebutuhuhan gizi ibu hamil da balita, memastikan setiap bayi mendapatkan ASI ekslusif 6 bulan dan asi lanjutan sampai anak usia 2 tahun; memberikan imunisasi dasar lengkap; dan memantau tumbuh kembang anak balita.
  5. Melaksanakan intervensi gizi sensitif, antaralain: menyediakan akses air bersih; menyediakan sanitasi yang layak; dan memenuhi asupan gizi seimbang dalam keluarga.

Penanganan stunting erat kaitannya dengan kualitas SDM. Perlu ada intervensi dan integrasi penanganan terhadap stunting yang melibatkan berbagai sektor. Pemerintah Kalurahan Sawahan sendiri sejak tahun 2020 ini telah memulai fokus terhadap penanganan stunting. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM