Arisan Pamong Kalurahan Masih Lestari

Riskianto, A.Md. 20 April 2021 22:52:22 WIB

Sawahan (SID) – Kemajuan suatu Kalurahan memang sangat bergantung kepada peran dari kepemimpinan Lurah dalam memimpin para Pamong Kalurahan. Pamong Kalurahan yang kompak untuk satu tujuan memajukan desa tentunya akan menjadi penentu keberhasilan Desa tersebut disamping memang partisipasi aktif lembaga dan masyarakat desa.

Desa Sawahan sangat menjunjung tinggi nilai kekompakkan Pamong Kalurahan untuk mewujudkan Kalurahan yang kondusif dan maju. Lurah Sawahan, Suprapto selalu menanamkan nilai-nilai kebersamaan bagi Pamong Kalurahan Sawahan yang merupakan sebuah tradisi bagi seluruh Pamong Kalurahan Sawahan.

Tradisi baik tersebut diwujudkan dengan kegiatan konkret yaitu diadakannya arisan pamong yang dilaksanakan setiap sebulan sekali. Arisan tersebut diadakan secara bergilir sehingga silaturahmi antar Pamong Kalurahan selalu terjaga. Selain itu dengan bertemunya Pamong Kalurahan diacara non formal tersebut membuat suasana lebih santai tetapi tetap bisa melakukan pembahasan program-program kegiatan Pemerintah Kalurahan.

Selain itu, Pamong Kalurahan juga mempunyai tradisi ‘tilik’ atau jenguk keluarga pamong yang sedang sakit. Hal tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Pamong Kalurahan terhadap Pamong Kalurahan yang lain sehingga kebersamaan akan kental terasa. Dengan kebersamaan dan kekompakkan tentunya tujuan dari Pemerintah Kalurahan dalam pembangunan akan semakin cepat terwujud. Prinsip 'Rukun Agawe Santosa' benar-benar diterapkan.

Mudah-mudahan tradisi yang diwariskan oleh Pamong Kalurahan terdahulu tersebut tetap dapat terus dilestarikan sehingga kekompakkan dan kebersamaan akan terjalin dan dapat bersinergi untuk pembangunan Kalurahan Sawahan ini. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM