Penyelamat Umbi-Umbian Juga Pelestari Lingkungan

Riskianto, A.Md. 15 Juli 2016 10:10:18 WIB

Sawahan (SID) - Trisno Suwito seorang petani asal Plarung yang cukup dikenal namanya setelah kegiatannya dalam membudidayakan umbi-umbian yang hampir punah sejak tahun 2001 ternyata juga seorang pelestari lingkungan. Trisno Suwito juga pelestari lingkungan Gua Saptoargao, sebuah gua yang mempunyai potensi wisata yang sampai saat ini belum tersentuh pengembang.

Secara berkala Trisno Suwito membersihkan lingkungan Gua Saptoargo yang memang berada disisi ladang Trisno dalam membudidayakan terus umbi-umbiannya. Trisno Suwito juga bersikukuh menolak dengan tegas beberapa perusahaan yang menawarkan untuk mengambil tanah gua untuk campuran pupuk fosfat karena kegiatan tersebut akan menimbulkan dampak kerusakan terhadap Gua Saptoarga.

Kini, di tengah usia senjanya Trisno Suwito masih konsisten dalam kegiatan pelestarian lingkungan tersebut. Bahkan dia tidak pernah surut untuk tetap berjuang di tengah-tengah masyarakat. Keaktifannya hampir dalam setiap kegiatan masyarakat di Padukuhan Plarung membuktikan bahwa usianya tidak menyurutkan perjuangannya. Sudah saatnya Pemerintah mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang dilakukannya. 

Bambang Heriyanto, Kabag Ekonomi Pembangungan Desa Sawahan sangat antusias dalam mendukung kegiatan-kegiatan Trisno Suwito. "Kita sudah mengupayakan semaksimal mungkin untuk mendorong Trisno Suwito untuk terus mengembangkan kegiatan pelestarian baik umbi-umbian maupun pelestarian alam melalui perlombaan APN juga promosi melalui berbagai media" ungkap Bambang. Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Desa Sawahan, Suprapto yang berharap agar tumbuh generasi Trisno Suwito berikutnya di Desa Sawahan ini.

Mudah-mudahan kegiatan-kegiatan semacam ini bisa terus dikembangkan sehingga potensi-potensi yang dapat menjadi sumber kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat bisa tergali dan terealisasi program-program kaitannya dengan potensi tersebut. (rizkya)

 

Komentar atas Penyelamat Umbi-Umbian Juga Pelestari Lingkungan

bambang 19 Juli 2016 22:02:11 WIB
semoga membawa nama baik gunungkidul, trim, buat ms dwie & pk rizkia yg tlah membantu semuanya, maju trus mbah tris semoga bisa berjabat tangan dg Pk Jokowi (s e m a n g a t)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM