Survey Mawas Diri untuk Analisa Masalah Kesehatan Masyarakat

Riskianto, A.Md. 27 Juli 2016 09:19:33 WIB

Sawahan (SID) – Senin pagi (25/07) Pemerintah Desa Sawahan bersama dengan UPT Puskesmas Ponjong I mengadakan pertemuan yang juga menghadirkan Ketua RW se Desa Sawahan dan Koordinator Kader Desa dalam rangka Survey Mawas Diri (SMD).

SMD merupakan langkah dari UPT Puskesmas Ponjong I sebagai upaya untuk menganalisa masalah-masalah kesehatan di masyarakat sehingga UPT bisa mengambil kebijakan terkait dengan kesehatan  dari hasil survey tersebut.

Teknis pelaksanaan SMD yaitu dengan melakukan pendataan kepada  masyarakat yang dalam hal ini akan diambil  minimal 300 sample keluarga dibagi kepada 10 Padukuhan di Desa Sawahan. Survey dilakukan dengan cukup mudah yaitu mengisi kuisioner yang disediakan oleh UPT pada masing-masing keluarga. Data akan direkap melalui Bagian Kesra Desa Sawahan baru diserahkan kepada UPT Puskesmas Ponjong I.  

Kepala UPT Puskesmas Ponjong I, dr. Edi Suharismanto berharap agar masyarakat sebisa mungkin memberikan data yang sebenar-benarnya karena hasil survey tersebut akan dijadikan dasar menentukan kebijakan di bidang kesehatan yang nantinya hasil dari analisa tersebut akan kembali kepada masyarakat.

Riskianto, A.Md Kabag Kesra Desa Sawahan menambahkan agar Kepala Dukuh se Desa Sawahan turut mendampingi Ketua RW masing-masing supaya kegiatan survey tersebut bisa berjalan dengan lancar. (rizkya)

Komentar atas Survey Mawas Diri untuk Analisa Masalah Kesehatan Masyarakat

Rosa Eka P 31 Januari 2017 22:10:39 WIB
Ada panduan kuesioner dari dinas..sbenarnya pengelolaan bisa memakai tabulasi sederhana..tpi juga bisa melalui metode penentuan prioritas masalah
hamidah 29 Januari 2017 20:43:25 WIB
Mohon berbagi bgmn menyusun questioner utk smd dan bgmn mengolahnya

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM