Perbaikan Talud Gupit Mulai Dilaksanakan

Riskianto, A.Md. 27 Juli 2016 11:18:13 WIB

Sawahan (SID) – Talud Gupit sebagai salah satu penyangga jalan Sawahan – Pundungsari yang tepatnya berada di Padukuhan Jatisari, Desa Sawahan, Kecamatan Ponjong mengalami longsor pada bulan Maret yang lalu setelah hujan deras mengguyur wilayah Desa Sawahan.

Jalan Sawahan – Pundungsari merupakan Jalan Kabupaten sehingga kewenangan atas perbaikan jalan, drainase dan talud dari jalan tersebut menjadi kewenangan Kabupaten. Sejak awal Juli kemarin kegiatan perbaikan talud Gupit sudah dimulai. Menjelang Lebaran kemarin dropping material sudah dilaksanakan.

Saat ini proses perbaikan sudah dilaksanakan. Talud setinggi lebih dari 25 meter dan lebar lebih dari 30 meter tersebut dilaksanakan secara swakelola oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gunungkidul dengan menghabiskan dana Rp. 204.800.000,-.

Bambang Heriyanto, Kabag Ekonomi Pembangunan menyatakan bahwa selain talud Gupit di Desa Sawahan ini juga akan dibangun jembatan yang menghubungkan Sawahan-Pundungsari pada tahun anggaran 2016 ini, tepatnya di Padukuhan Plarung.

Dalam sosialisasi yang disampaikan langsung wakil dari DPU Kabupaten Gunungkidul beberapa waktu yang lalu, Bambang juga mengusulkan perbaikan beberapa titik jalan Kabupaten yang rusak, diantaranya di Jatisari dan Sawur yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Semin termasuk drainase di beberapa titik dan talud di titik rawan longsor.

Semoga usulan-usulan Pemerintah Desa Sawahan tersebut segera terealisasi mengingat akses jalan Sawahan-Pundungsari membutuhkan perhatian lebih karena jalan tersebut merupakan akses untuk kegiatan ekonomi sebagian besar masyarakat Desa Sawahan. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM