Rasulan Plarung Rencanakan Pentas Tayub

Riskianto, A.Md. 31 Juli 2016 16:18:32 WIB

Sawahan (SID) – Sabtu malam (30/7) Pemerintah Padukuhan Plarung, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna dan belasan Panitia Bersih Dusun Plarung mengadakan rapat persiapan Rasulan yang akan diadakan pada tahun 2016 ini.

Pertemuan tersebut membahas persiapan Rasulan baik mengenai kepanitiaan, pendanaan, dan segala sesuatu untuk persiapan Rasulan nanti. Rasulan rencana akan dilaksanakan pada malam Senin Pon, 5 September 2016 nanti.

Rasul tahun 2016 ini, Padukuhan Plarung masih mempertahankan pentas Tayub yang merupakan wujud pelestarian budaya tradisional di Padukuhan Plarung seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Trisno Suwito, salah satu tokoh masyarakat yang juga tokoh Bersih Dusun Plarung mengatakan bahwa kegiatan Rasulan di Padukuhan Plarung merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan atas swadaya masyarakat. “Rasulan tiap tahunnya terselenggara atas  murni swadaya masyarakat Padukuhan Plarung yang selau mengadakan pentas Tayub” ungkap Trisno. Dia menambahkan bahwa tradisi Rasulan ini sebagai bentuk pelestarian budaya serta sebagai bentuk sedekah bumi agar masyarakat Plarung khususnya dan masyarakat Desa Sawahan umumnya selalu mendapat perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Panitia berharap pihak-pihak pemerhati budaya lebih-lebih Pemerintah bisa ikut mendukung kegiatan Rasulan di Padukuhan Plarung ini yang rencananya akan selalu diagendakan setiap tahun. (rizkya)

Komentar atas Rasulan Plarung Rencanakan Pentas Tayub

Kartiman 09 Agustus 2016 15:14:41 WIB
Berbahagialah yang masih bisa menikmati budaya dari nenek moyang kita, sebab itu semua hikmahnya besar dan salah satunya dari bidaya ini kita bisa jadi begini.(salam utl keluarga Plarung dan selamat merayakannya)
Kartiman Samso 01 Agustus 2016 15:07:57 WIB
Nguri uri budaya jawi adalah sebagai wujud menghargai hasil karya orang lain, spt contoh rasulan ini dari jaman nenek moyang yang sudah menjadikan kita seperti saat ini, selain hiburan tahunan yang ditunggu juga hikmahnya sangat besar karena merupakan wujud syukur yang nyata dan Doa harapan untuk generasi kedepannya.
Endang 31 Juli 2016 16:53:49 WIB
Terimakasih admin bisa sekarang bisa tau kabar kampung halaman

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM