Ibu Hamil Yang Hendak Melahirkan, Kini Ada Jampersal

Riskianto, A.Md. 13 Agustus 2016 23:31:37 WIB

Sawahan (SID) - Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya persalinan sesuai dengan standar kesehatan, perwakilan perangkat desa sawahan bersama koordinator kader desa mengikuti acara sosialisasi Jampersal yang di selenggarakan oleh UPT Puskesmas Ponjong I Kecamatan Ponjong (11/08)

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Edi Suharismanto, Kepala UPT Puskesmas Ponjong I menyampaikan terkait Program Jampersal (Jaminan Persalinan). Program Jampersal merupakan program Nasional yang di biayai dengan anggaran APBN. Program ini ditujukan kepada semua masyarakan baik yang mempunyai jaminan kesehatan maupun tidak mempunyai jaminan kesehatan.

Jampersal merupakan akan mengakomodasi transportasi bagi ibu hamil yang akan melahirkan di Puskesmas atau RSUD. Program ini akan mengganti biaya transportasi dari ibu hamil yang hendak melahirkan sebesarl Rp 74.000,- untuk biaya sewa transportasi dari rumah pasien ke Puskesmas dan Rp. 111.000,- dari Puskesmas ke RSUD Wonosari. Selain penggantian biaya transportasi bagi ibu hamil disediakan kompensasi bagi 1 orang pendamping dari ibu hamil yang hendak melahirkan tersebut.

Fasilitas lain yang disediakan bagi ibu hamil yang menunggu waktu operasi di sediakan rumah tunggu yang berada di sebelah barat RSUD Wonosari sehingga pasien tidak perlu pulang untuk menunggu jadwal operasi serta akan mendapat fasilitas dari bidan dari Puskesmas untuk memantau perkembangan ibu hamil tersebut.

Dengan adanya program ini harapanya dapat di manfaatkan oleh masyarakat Desa Sawahan serta program ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih 'aware' dalam memepersiapkan proses kelahiran dengan penangan fasilitas kesehatan yang sesuai standar. Tujuan utamanya adalah meminimallisir kematian ibu dan anak yang diakibatkan oleh persalinan yang tidak benar. (Toni Setiawan/Rizkya)

 

Sumber Foto: bidankita.com

Komentar atas Ibu Hamil Yang Hendak Melahirkan, Kini Ada Jampersal

YADURI 08 September 2016 19:56:26 WIB
setuju ma Onyz Huzein,sepertinya ini jga blm bnyk yg tahu ttng program ini,pasalnya,tiap ada yg melahirkan pilih ke bidan,dan ongkos tranpor masih dari saku sendiri,seharusnya pihak terkait harus gencar memberitahukan program ini,jngn hnya melalui media elektronik,media cetak spanduk lebih cpt di mengerti masyarakat,contoh,blm lma ini ada bayi yg meninggal,ini pun jga di daerah kita plarung
Onyz Huzein 05 September 2016 07:57:55 WIB
Sangat saya sesalkan kepda pihak terkait dengan program pemerintah Jampersal,tidak mensosialisakan kepada masyarakat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM