Pelatihan Pembuatan & Pengembangan Pupuk Organik

Riskianto, A.Md. 15 November 2022 08:23:40 WIB

Sawahan (SID) – Rabu (19/10) Pemerintah Kalurahan Sawahan melaksanakan Pelatihan Pembuatan dan pengembangan pupuk organik sebagai salah satu upaya ketahanan pangan di bidang pertanian. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Demplot Pupuk Organik di Jatisari.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Penyuluh Pertanian dari BPP Kapanewon Ponjong dan perwakilan dari kelompok-kelompok tani dari 10 Padukuhan. Ulu-ulu Kalurahan Sawahan, Bambang Heriyanto mengatakan bahwa kegiatan ini difasilitasi melalui kegiatan ketahanan pangan yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2022.

Bambang menjelaskan bahwa bidang pertanian sebagai salah satu bidang yang cukup berperan terhadap krisis pasca pandemi diharapkan dapat diperkuat melalui berbagai upaya salah satunya pembuatan dan pengembangan pupuk organik.

Saat ini masyarakat sangat bergantung pupuk kimia yang keberadaannya terbatas dan mahal, sehingga dengan potensi pupuk kandang yang melimpah bisa digunakan sebagai alternatif untuk mengurangi biaya pupuk kimia.

Selain itu pupuk organik juga diharapkan dapat terus dikembangkan sehingga komoditi pangan akan lebih sehat.

Sementara itu, Lurah Sawahan Suwarto berharap agar pelatihan ini bisa terus dikembangkan sehingga akan berdampak kepada ketahanan pangan sekaligus upaya peningkatan ekonomi warga yakni dengan pembuatan pupuk organik, selain bisa dipakai sendiri juga bisa dijual sehingga pupuk kandang yang tidka bernilai akan lebih bernilai. (Rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM