Pemerintah Kalurahan Sawahan Melaksanakan Program Pemberdayaan Bidang Pertanian

Riskianto, A.Md. 26 November 2022 10:20:37 WIB

Sawahan (SIDA) – Pemerintah Kalurahan Sawahan melaksanakan salah satu prioritas penggunaan Dana Desa dalam rangka pemulihan dan peningkatan ekonomi masyarakat yakni program pemberdayaan bidang pertanian berupa kegiatan pemberdayaan untuk kelompok petani merica Jati Rejo Kalurahan Sawahan.

Program tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Kalurahan Sawahan untuk mengoptimalkan salah satu potensi Kalurahan yakni upaya pengembangan pertanian merica. Merica mempunyai nilai harga jual yang tinggi sehingga para petani diharapkan dapat didorong untuk mengembangkan merica sebagai salah satu komoditi unggulan di Kalurahan Sawahan.

Pada tahun 2022 ini selaras dengan visi misi Lurah Sawahan, Suwarto bahwa dibentuk kelompok Jati Rejo yang merupakan ‘piloting project’ pengembangan pertanian merica di Kalurahan Sawahan untuk didampingi secara penuh oleh Pemerintah dan Penyuluh Pertanian dalam mengembangkan tanaman tersebut.

Petani dibekali pelatihan dan fasilitasi Pemerintah mulai dari pembibitan merica, turus beton, pupuk, dan obat-obatan yang diperlukan dalam pengembangan merica tersebut. Bambang Heriyanto, Ulu-ulu Kalurahan Sawahan mengatakan bahwa total anggaran yang diberikan untuk fasilitasi progrma tersebut senilai Rp. 40.087.000,00 sedangkan untuk pelatihan, pendampingan, dan operasional Tim Pengelola sebanyak Rp. 7.338.000,00.

Bambang mengatakan bahwa Kelompok Jati Rejo merupakan ‘piloting project’ dari pengembangan tanaman merica. Diharapkan kelompok ini dapat berkembang dengan baik sehingga kedepan dapat direplikasi ke kelompok-kelompok yang lebih luas.

Sementara itu Lurah Sawahan, Suwarto berharap agar Kalurahan Sawahan menjadi salah satu sentra pertanian merica sehingga dapat berdampak kepada peningkatan ekonomi warga di bidang pertanian. (Bambang H)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM