Bersih Dusun Sebagai Bentuk 'Nguri-uri' Tradisi Luhur

Riskianto, A.Md. 14 Agustus 2016 00:19:07 WIB

Sawahan (SID) - Bersih Dusun/Rasulan merupakan tradisi leluhur yang hingga saat ini masih dilestarikan oleh mayoritas masyarakan di Kabupaten Gunungkidul termasuk di Desa Sawahan salah satunya di Padukuhan Sawahan. Setiap tahunnya Padukuhan Sawahan bersama dengan 2 Padukuhan tetangga yaitu Sambirejo dan Gedong melaksanakan kegiatan Bersih Dusun. Salah satu agenda yang tidak pernah ketinggalan dalam acara Bersih Dusun adalah Kenduri.

Kenduri merupakan tradisi sedekah bumi yang dilaksanakan oleh masyarakat dengan cara berkumpul di Balai Padukuhan dengan membawa 'ingkung' atau separuh ekor ayam panggang oleh tiap rumah tangga di Padukuhan tersebut, kemudian berdoa bersama agar dapat diberikan keselamatan dan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa. Selanjutnya ingkung tersebut dibagikan kepada seluruh peserta kenduri sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tahun 2016 ini Bersih Dusun/Rasulan di Padukuhan Sawahan, Sambirejo, dan Gedong dilaksanakan pada hari Sabtu (13/08) dengan acara kenduri di masing-masing Padukuhan dan rangkaian puncak acara akan dilaksanakan pentas wayang kulit oleh Ki Dalang Mujiyanto dari Padukuhan Jatisari serta Pentas Wayang Cakruk sebagi bentuk pentas penyuluhan dari Dinas Sosial DIY. (Toni Setiawan/Rizkya)

 

Foto: Toni Setiawan

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM