Puncak Acara Bersih Dusun SSG Diadakan Pentas Wayang Cakruk dan Wayang Kulit

Riskianto, A.Md. 14 Agustus 2016 10:49:40 WIB

Sawahan (SID) – Bersih Dusun di 3 Padukuhan yaitu Sawahan, Sambirejo, dan Gedong (SSG) Desa Sawahan diadakan pentas Wayang Cakruk dan Wayang Kulit. Acara tersebut dilaksanakan mulai Sabtu malam (13/08) di Balai Padukuhan Gedong.

Acara dimulai dengan pentas Wayang Cakruk yang dipersembahkan Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai bentuk penyuluhan kepada masyarakat kaitannya dengan permasalahan sosial. Pada kesempatan tersebut Wayang Cakruk dipimpin oleh Ki Dalang Damar Sumarno dan rombongan Al Firdaus Entertainment mengangkat pesan bahaya KDRT dan NAPZA.

Setelah Wayang Cakruk selesai baru dilanjutkan pentas Wayang Kulit dipimpin oleh Ki Dalang Mujiyanto dari Padukuhan Jatisari yang mengangkat lakon ‘Pandawa Bangun Padukuhan’. Acara Bersih Dusun tahun ini dilaksanakan dari bantuan Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta beserta swadaya Padukuhan Sawahan, Sambirejo, dan Gedong serta ‘panyengkuyung’ dari tetangga Padukuhan yaitu Gimeng, Dlisen, Sendang II, dan Sendang I.

Rejo Miratno, Ketua Panitia mengungkapkan terimakasih kepada pihak yang telah turut membantu terselenggaranya Bersih Dusun yang merupakan hajat masyarakat SSG ini. Dia berharap agar kegiatan Bersih Dusun ini bisa membawa keberkahan dan ketentraman hidup di Padukuhan SSG khususnya dan Desa Sawahan umumnya.

Pada acara tersebut selain dari Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta turut hadir pula Camat Ponjong beserta jajaran Muspika Kecamatan Ponjong dan Kepala Desa Sawahan, serta Perangakt Desa Sawahan. Susila Marwanta, S.Sos, Camat Ponjong berharap agar masyarakat bisa mengambil pesan moral dari acara Wayang Cakruk yang mengangkat tema penyakit masyarakat. Pak Camat juga menghimbau kerukunan dan kebersamaan masyarakat untuk membangun Desa Sawahan ini. Hal yang sama juga diungkapkan kepala Desa Sawahan, Suprapto.

Acara Bersih Dusun SSG yang tahun ini dilaksanakan di Padukuhan Gedong berlangsung cukup meriah meski disambut hujan sedang dan mati listrik di wilayah Padukuhan Gedong tidak menyurutkan antusias warga berkumpul bersama di Balai Padukuhan Gedong menyaksikan hiburan pentas Wayang Cakruk dan Wayang Kulit. Semoga kegiatan ‘nguri-uri’ tradisi luhur ini bisa terus kita nikmati sampai kapanpun. (rizkya)

Komentar atas Puncak Acara Bersih Dusun SSG Diadakan Pentas Wayang Cakruk dan Wayang Kulit

Helma Anggraeny 24 Desember 2016 19:51:11 WIB
good
kahono subarkah 16 Agustus 2016 09:19:01 WIB
Waaaah lumayan asik acaranya,,,, panduan antara wayang Carik dan wayang kulit pas bingit,,,,, apa lagi dlm wayang kulitnya dng ceritera mbangun Pasuruan,,,, pasti kolaborasinya joooosssstt itu... Semoga sukses dan semoga di th dpn lebih maju dan meriah dng berbagai ragam pertunjukan bravo kelurahan sawahan......
bambang 15 Agustus 2016 19:41:48 WIB
luar biasa, tentunya dg banyak seponsor yg andil, rasulan th depan bisa direncanakan lebih awal sehingga lebih matang disiapkan agar lebih neriah dari th" sebelumnya

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM