Pengisian Perangkat Desa Sawahan Fair & Transparan?

Riskianto, A.Md. 25 Agustus 2016 08:45:33 WIB

Sawahan (SID) – Tahapan demi tahapan pengisian Perangkat Desa Sawahan sudah dilaksanakan mulai dari pembentukan panitia sampai dengan proses ujian yang telah dilaksanakan kemarin (23/08).

Bukti transparansi yang dilaksanakan pada tahapan-tahapan pengisian Perangkat Desa Sawahan antara lain yang pertama panitia yang ditunjuk merupakan hasil musyawarah Kepala Desa, Perangkat Desa, LPMD, dan BPD pada rapat sekaligus buka bersama pada 12 Juni 2016.

Kedua, proses penjaringan bakal calon Perangkat Desa diumumkan kepada masyarakat secara menyeluruh di 10 Padukuhan se Desa Sawahan dengan menghadirkan masyarakat secara langsung pada tanggal 20-24 Agustus 2016. Pada tahapan ini panitia memberikan informasi berupa pengumuman pengisian Perangkat Desa, tata cara, mekanisme, persyaratan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan adanya lowongan Perangkat Desa.

Ketiga, Tim Penguji baru ditetapkan sehari sebelum Ujian. Sesaat setelah ditetapkan langsung dikarantina untuk menghindari kemungkinan kecurangan. Materi dibagikan secara lotre oleh Ketua Tim Penguji sehingga tidak ada kemungkinan pembocaran soal atau penyiapan soal dari luar. Soal dibuat malam tanggal 23 Agustus 2016 baru selesai sesaat menjelang pelaksanaan ujian.

Keempat, Pelaksanaan ujian berada di aula Desa Sawahan disaksikan oleh Camat dan jajaran Muspika, Babinsa, Babinkamtibmas, BPD, lembaga Desa, dan masyarakat secara terbuka. Tim Penguji beserta hadirin turut mengawasi jalannya ujian secara langsung.

Kelima, penilaian jawaban soal tertulis dilaksanakan secara terbuka dengan cara menempel lembar jawab yang telah ditutup nama pesertanya kemudian petugas membacakan kunci jawaban dan menghitung nilai tanpa mengetahui siapa pemilik lembar jawaban yang ditelitinya. Proses tersebut disaksikan secara langsung oleh peserta. Apabila terdapat kejanggalan kunci jawaban, peserta bisa langsung mengkonfirmasi jawaban tersebut untuk mendapatkan penjelasan.  Untuk nilai praktik penghitungan nilai dipancarkan ke projector sehingga proses penilaian bisa dilihat oleh seluruh hadirin.

Semoga kelima hal tersebut bisa menjadikan bukti bahwa proses pengisian Perangkat Desa Sawahan benar-benar bersih jauh dari nilai-nilai yang tidak sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Bagiamana pendapat anda tentang pengisian Perangkat Desa tahun ini? Anda yang bisa menilai....(rizkya)

Komentar atas Pengisian Perangkat Desa Sawahan Fair & Transparan?

jaka 25 Agustus 2016 15:37:19 WIB
Sekarang Sawahan sudah berubah dgkades yg APA adanya membawa iklim pengisian jabatan di Desa transparan
Yoyok 25 Agustus 2016 12:33:02 WIB
Wah bagus sekali itu.. lanjutkan..

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM