Nilai Kebersamaan dan Gotong Royong Masih Dijumpai di Desa Sawahan

Riskianto, A.Md. 31 Agustus 2016 09:47:30 WIB

Sawahan (SID) – Dinamika kehidupan modern ini membuat nilai-nilai gotong royong semakin pudar, sebagian besar masyarakat cenderung individual dan tidak peduli dengan kehidupan di sekitar. Namun ternyata nilai-nilai gotong royong masih dapat dijumpai di Desa Sawahan.

Ny. Priyatmo (70) seorang warga masyarakat Padukuhan Jatisari RT 01 RW 02 merupakan janda jompo yang hidup sebatang kara. Kehidupan sehari-hari dengan menggantungkan hidup dari sanak saudaranya. Ny. Priyatmo hidup sendiri di rumahnya yang sudah mulai lapuk dan tidak layak. Disaat Pemerintah Desa Sawahan gencar mengentaskan permasalahan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada tahun 2015 yang lalu, Ny. Priyatmo gagal meraihnya karena terkendala administrasi kependudukan dan tidak tersedianya swadaya sehingga Ny. Priyatmo tetap hidup dalam rumah yang kondisinya cukup memprihatinkan.

Kondisi tersebut mengetuk hati Kepala Desa Sawahan, Suprapto. Suprapto berpikir keras untuk bisa mengentaskan warganya dari permasalahan tersebut. Akhirnya didapatkan solusi dengan mendorong partisipasi masyarakat sekitar dengan cara menggalangkan dana dari masyarakat yang sepakat untuk melakukan bakti sosial dengan merenovasi rumah tersebut supaya layak dihuni.

Kesadaran masyarakat ternyata luar biasa. Sumbangsih berupa material, tenaga, dan pemikiran yang diberikan masyarakat Padukuhan Jatisari ternyata bisa menunjukkan budaya gotong royong di Desa Sawahan ini masih ada. Mereka bekerja bersama-sama tanpa pamrih semata-mata untuk membantu sesama.

Saat ini kondisi rumah Ny. Priyatmo sudah hampir selesai pengerjaannya yang harapannya bisa ditempati sebagai rumah yang layak huni dan sehat. Mudah-mudahan hal seperti ini dimana masyarakat bisa menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong terus kita jumpai di Desa Sawahan tercinta ini. (rizkya)

Komentar atas Nilai Kebersamaan dan Gotong Royong Masih Dijumpai di Desa Sawahan

31 Agustus 2016 10:37:32 WIB
Kudune wingi fotone karo sbpm dibedah ris

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM