Padukuhan Selonjono Ditunjuk Menjadi Binaan KTR

Riskianto, A.Md. 01 September 2016 21:39:36 WIB

Sawahan (SID) - Padukuhan Selonjono merupakan satu-satunya Padukuhan di Desa Sawahan yang ditunjuk menjadi binaan kawasan tanpa asap rokok. Hal ini dibuktikan dengan komitmen yang disepakati oleh masyarakat Padukuhan Selonjono pada kegiatan rapat koordinasi pembentukan kawasan dilarang merokok yang dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Ponjong 1, Senin (29/08) kemarin.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Perangkat Desa Sawahan, tokoh masyarakat dan masyarakat di Padukuhan Selonjono beserta narasumber dari UPT Puskesmas Ponjong 1. Tim UPT Puskesmas Ponjong 1 menyampaikan beberapa materi tentang bahaya merokok, sosialisasi Perda  Gunungkidul Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Pada prinsipnya peraturan tersebut tidak melarang orang untuk merokok. Perda KTR mengatur Kawasan tanpa rokok, artinya orang hanya dilarang merokok pada kawasan tanpa rokok atau mengatur tempat khusus untuk merokok di kawasan tanpa rokok (kecuali di Fasilitas pelayanan kesehatan dan pendidikan).

Dari hasil diskusi yang dilakukan disimpulkan bahwa masyarakat Padukuhan Selonjono setuju untuk membuat komitmen Kawasan Tanpa Rokok di wilayah Padukuhan Selonjono, diantaranya tidak merokok di semua kegiatan yang diadakan di balai Padukuhan Selonjono, tidak merokok di tempat ibadah, tidak merokok di acara jagong bayi, tidak merokok saat mengunjungi orang sakit, dan tidak merokok di forum pengajian, syukuran, yasinan dan kenduri. Komitmen ini ditandatangani oleh perangkat padukuhan, kepala desa dan camat.

Harapannya komitmen KTR ini dapat dilaksanakan sebagaimana yang telah disepakati dalam komitmen tersebut dan dapat membawa manfaat bagi kesehatan masyarakat utamanya di Padukuhan Selonjono yang bisa diikuti oleh Padukuhan lain di Desa Sawahan. (rosa/rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM