Tindak Lanjut Komitmen KTR di Padukuhan Selonjono

Riskianto, A.Md. 04 September 2016 00:24:35 WIB

Sawahan (SID) – Padukuhan Selonjono  menjadi satu-satunya Padukuhan binaan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Desa Sawahan. Hari Senin (29/08) yang lalu dibuktikan dengan penandatanganan komitmen untuk tidak merokok pada tempat-tempat yang disepakati diantaranya tidak merokok di tempat ibadah, acara jagong bayi, saat mengunjungi orang sakit, dan di forum pengajian, syukuran, yasinan dan kenduri.

Kembali mengingatkan bahwa di dalam Perda Kabupaten Gunungkidul Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok pada prinsipnya tidak melarang orang untuk merokok, tetapi melarang orang merokok pada tempat-tempat yang telah ditentukan untuk tidak merokok.

Masyarakat Padukuhan Selonjono ternyata mempunyai kesadaran yang cukup tinggi dimana komitmen yang telah disepakati tersebut benar-benar dilaksanakan. Waluyo, Dukuh Selonjono mengatakan bahwa berdasarkan pengamatannya saat menjenguk orang sakit, tidak ada satupun warganya yang merokok di dalam rumah. Selain itu, pada saat acara Yasinan dia mengamati tidak ada warganya yang merokok di dalam rumah.

Mudah-mudahan komitmen yang telah disepakati oleh masyarakat di Padukuhan Selonjono ini bisa terus berjalan sehingga amanah Perda KTR bisa dilaksanakan. Harapannya hal ini juga bisa diikuti oleh Padukuhan lain di Desa Sawahan sehingga kesehatan masyarakat di Desa Sawahan meningkat. (rizkya)

 

Foto: Waluyo

Komentar atas Tindak Lanjut Komitmen KTR di Padukuhan Selonjono

Sukamto 06 September 2016 21:06:35 WIB
Siiip salut jempol masyarakat selonjono atas kesadaranya untuk mendukung perda KTR yg tentu saja sangat berguna untuk kesehatan diri sendiri ataupun masy pada umumnya lanjutkan
06 September 2016 12:34:39 WIB
Amazing. Very Nice. Congrat. to Selonjono Village.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM