Bersih Dusun Plarung Berlangsung Meriah

Riskianto, A.Md. 05 September 2016 13:15:46 WIB

Sawahan (SID) – Minggu (04/09) masyarakat Padukuhan Plarung melaksanakan rangkaian acara Bersih Dusun tahun 2016. Acara Bersih Dusun Plarung diawali dengan kegiatan kerja bakti di dua tempat yaitu di Balai Padukuhan dan kali Ledok. Kerja bakti tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap alam sekitar.

Sore hari dilanjutkan dengan acara Kenduri yang dilaksanakan di Balai Padukuhan Plarung yang diikuti ratusan orang kaum laki-laki. Kegiatan ini merupakan kegiatan sedekah bumi sekaligus doa bersama untuk mendapatkan keselamatan dan keberkahan hidup masyarakat dengan mengeluarkan ingkung (ayam panggang) dan nasi yang dikumpulkan kemudian dibagikan kepada seluruh peserta Kenduri yang hadir. Ratusan orang memadati Balai Padukuhan Plarung pada acara ini.

Puncak acara dilaksanakan Pagelaran Seni Budaya Tayub seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Pagelaran ini ditampilkan oleh Kelompok Seni Sekartaji dari Karangmojo. Pada kesempatan tersebut hadir pula Kepala Desa Sawahan dan Perangkat Desa Sawahan. Kepala Desa dan Perangkat Desa Sawahan turut andil pada pagelaran tersebut dengan ‘ngibing’ atau menari bersama dengan Ledek menambah meriahnya acara tersebut. Walaupun cuaca agak gerimis tetapi tidak mengurangi antusias penonton untuk menyaksikan pertunjukkan tersebut sampai pagi dini hari.

Mudah-mudahan kegiatan Bersih Dusun Plarung yang dilaksanakan cukup meriah pada tahun ini akan membawa berkah bagi seluruh warga masyarakat Padukuhan Plarung khususnya dan masyarakat Desa Sawahan pada umumnya. Selain itu kegiatan semacam ini sebagai bentuk pelestarian budaya tradisional bisa dinikmati sampai kapanpun. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM