Kemarau Basah di Wilayah Desa Sawahan, Semoga Membawa Berkah

Riskianto, A.Md. 23 September 2016 21:51:01 WIB

Sawahan (SID) – Bulan September di wilayah Desa Sawahan biasanya merupakan puncak musim kemarau. Kegiatan pertanian memasuki panen gaplek pada masa-masa tersebut. Namun saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2016 ini terasa seperti tidak ada musim kemarau di wilayah Desa Sawahan.

Kondisi ini tentunya membawa dampak positif dan negatif. Dampak positif dimana para  petani di Desa Sawahan bisa menanam kembali tanaman seperti kacang, pakan, dan sebagainya. Panen Kacang yang biasanya hanya dilakukan sekali saat ini bisa panen dua kali. Tapi kondisi ini juga membawa dampak negatif untuk para petani gaplek dan tembakau dimana panen gaplek mengalami kegagalan karena kurangnya pengeringan dari sinar matahari sehingga menyebabkan kualitas gaplek buruk yang berujung pada jatuhnya harga gaplek di wilayah Desa Sawahan.

Memang menurut BMKG pada tahun ini diperkirakan terjadi kemarau basah sampai menjelang musim hujan di akhir tahun nanti. Hal tersebut terjadi atas dampak terjadinya La Nina yang merupakan kelanjutan dari El Nino.

La Nina merupakan fenomena mendinginnya suhu muka laut di Samudera Pasifik area khatulistiwa, yang mendorong bertambahnya suplai uap air bagi Indonesia terutama di wilayah Jawa. Curah hujan pun akan cenderung meningkat. Sedangkan El Nino merupakan kebalikan, yaitu musim kemarau panjang dengan minim curah hujan. Seperti yang terjadi tahun 2015, dimana saat itu kebakaran hutan dan lahan yang besar terjadi saat El Nino.

Semoga saja kondisi ini cenderung berdampak positif bagi warga masyarakat Desa Sawahan, terutama para petani di Desa Sawahan bisa meningkat hasil pertaniannya yang tentunya berdampak pula pada pertumbuhan ekonomi yang lebih baik. Amin. (rizkya)

 

Sumber info: beritasatu.com; Sumber Foto: merdeka.com

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM