Musyawarah Masyarakat Desa Rumuskan Program Kesehatan di Desa Sawahan

Riskianto, A.Md. 27 September 2016 01:41:53 WIB

Sawahan (SID) - Senin pagi (26/09) Pemerintah Desa Sawahan bersama dengan Tim Desa Siaga Desa Sawahan mengadakan kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) untuk membahas hasil pendataan Survey Mawas Diri (SMD) yang telah dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Agustus yang lalu.

SMD dilaksanakan untuk melakukan pendataan dengan sampling 300 responden tersebar di seluruh Padukuhan di Desa Sawahan. Hasil SMD menyimpulkan permasalahan-permasalahan pokok bidang kesehatan di Desa Sawahan antara lain permasalahan ketidaktersediaan jamban yang memenuhi standar kesehatan, ketidaktersediaan saluran pembuangan air limbah (SPAL), kesadaran membuang sampah pada tempat sampah yang rendah, kesadaran tidak merokok di dalam rumah yang sangat rendah, dan kesadaran mengikuti penyuluhan kesehatan yang rendah pada masyarakat.

Tim UPT Puskesmas Ponjong I yang juga turut hadir untuk memfasilitasi kegiatan tersebut menyampaikan bahwa permasalahan-permasalahan tersebut disebabkan oleh tingkat pengetahuan masyarakat yang kurang sehingga perlu edukasi lebih lanjut. Selain itu permasalahan-permasalahan itu muncul sebagai masalah yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Desa sebagai pemangku kepentingan sehingga berbagai pihak harus turut berpartisipasi untuk menganalisa permasalahan dan mencari solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut.

Riskianto, A.Md., Kabag Kesra Desa Sawahan mengungkapkan bahwa Pemerintah Desa terus berupaya untuk meningkatkan partisipasi berbagai element masyarakat dalam rangka mewujudkan Desa Sawahan yang sehat. "Dengan analisa permasalahan ini tentunya memudahkan kita untuk membuat perencanaan pembangunan di bidang kesehatan yang tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, baik lembaga maupun masyarakat sendiri. Harapannya hasil musyawarah tersebut akan menjadi acuan terhadap kebijakan-kebijakan yang akan diambil oleh Pemerintah Desa untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut" terang Riski. (rizkya)

 

Komentar atas Musyawarah Masyarakat Desa Rumuskan Program Kesehatan di Desa Sawahan

YADURI 27 September 2016 21:20:49 WIB
betul,dilingkunganku SPAL pada di buang langsung ke slokan,dan slokan blm permanen,masih tanah,sehingga pada musim kemarau menggenang dan bau,kecuali klo slokan udah permanen,air langsung ke sungai besar yg agak jauh dari permukiman warga,smga ada solusi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM