Proses Updating Data RTM Desa Sawahan Segera Dilaksanakan

Riskianto, A.Md. 16 Oktober 2016 21:33:57 WIB

Sawahan (SID) – Proses Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) Desa Sawahan segera dilaksanakan. Tahapan awal yaitu pencetakan basis data Rumah Tangga Miskin (RTM) yang bersumber dari TNP2K sudah dilaksanakan dan diterima masing-masing Pokja Pendataan yaitu Dukuh.

Tahapan yang akan dilaksanakan adalah pencermatan data melalui TKPK (Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan) Desa untuk melihat status terakhir dari RTM diantaranya apakah RTM masih Ada dengan status kesejahteraan tetap, RTM ada dengan status kesejahteraan berubah, Ganti Kepala Rumah Tangga, Pindah, Meninggal, Berubah komposisi anggota rumah tangga, atau tidak dikenal.

Setelah dilakukan pencermatan data dalam koordinasi TKPK Desa, selanjutnya data dibawa ke tingkat Padukuhan untuk dilakukan pencermatan melalui Musyawarah Padukuhan. Di tingkat ini merupakan tahapan penting dalam menentukan data RTM yang akan dilakukan pendataan yaitu status kesejahteraan berubah yang selanjutnya akan digantikan oleh RTM yang belum masuk di dalam daftar.

Pada tahapan ini harus melibatkan RT-RW dan tokoh masyarakat agar data yang muncul benar-benar faktual. Masyarakat diharapkan turut mengawal proses pemutakhiran basis data tersebut. Selanjutnya, RTM yang telah ditetapkan dalam Musyawarah dilakukan pendataan dengan mengisi blanko pendataan yang telah berisi paramater-parameter yang telah ditentukan. Blanko yang sudah terisi akan diinputkan ke dalam sistem analisa melalui Aplikasi Sistem Informasi Desa oleh operator SID Desa secara online. Data yang telah diinputkan tersebut akan diolah oleh TKPK Kabupaten dan akan menjadi input TNP2K di Pusat.

Diharapkan dengan pemutakhiran basis data ini data kemiskinan yang merupakan basis data terhadap program-program sosial Pemerintah Pusat seperti KKS, KIP, KIS, PKH, dan Raskin akan update sehingga gejolak di masyarakat bisa diredam.

Selama ini memang cukup sulit akses pengaduan terhadap data kemiskinan yang kewenangannya berada di TNP2K sehingga ini merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan baik agar data yang keluar benar-benar sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. (rizkya)

 

Sumber Foto: tnp2k.go.id

Komentar atas Proses Updating Data RTM Desa Sawahan Segera Dilaksanakan

Agus Haryono 16 Oktober 2016 22:39:54 WIB
Oke ris sesuk warai yo.ngisine yo
Sucip 16 Oktober 2016 21:42:36 WIB
Ya semoga aja data ne bener.. yang dapat bantuan yang benar-benar membutuhkan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM