Pelayanan ‘By System’ Lebih Efektif dan Efisien

Riskianto, A.Md. 20 Oktober 2016 12:57:04 WIB

Sawahan (SID) – Pemerintah Desa Sawahan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang Pemerintahan. Saat ini Pemerintah Desa Sawahan terus meningkatkan penerapan teknologi untuk pelayanan publik.

Pelayanan publik kepada masyarakat meliputi layanan kependudukan dan catatan sipil serta pelayanan lain seperti surat-surat rekomendasi dan lainnya terus ditingkatkan agar pelayanan kepada publik bisa optimal. Saat ini Pemerintah Desa Sawahan menerapkan teknologi berupa aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) dan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dalam pelayanan tersebut. Selain itu, peningkatan SDM kepada operator juga terus digalakkan.

Bowo Sutrisno, Kabag Pemerintahan mengungkapkan bahwa pelayanan administrasi kependudukan bisa lebih cepat dengan SIAK sedangkan untuk layanan surat-surat rekomendasi atau surat-surat keterangan menggunakan Sistem Informasi Desa (SID). “Kami terus tingkatkan pelayanan publik agar pelayanan bisa lebih efektif dan efisien.” Terang Bowo.

Herwanto, salah satu operator pelayanan publik mengungkapkan cukup terbantu dengan sistem yang diterapkan untuk pelayanan publik setidaknya mengurangi tenaga untuk menulis. Testimoni salah satu warga Padukuhan Sendang II, Gunawan yang mencari surat pengantar pembuatan KTP  mengungkapkan bahwa pelayanan publik di Desa Sawahan relatif cepat dan akurat karena menggunakan system yang terstruktur.

Riskianto, A.Md., salah satu pengelola Sistem di Desa Sawahan mengungkapkan bahwa saat ini sistem yang ada akan dikembangkan agar kegiatan internal Pemerintahan Desa bisa berjalan lebih efektif, efisien, dan terstruktur. “Dengan modal kekompakkan seluruh Perangkat Desa serta partisipasi masyarakat tentunya cita-cita tersebut akan segera berhasil” pungkas Riski. (Rizkya)

Komentar atas Pelayanan ‘By System’ Lebih Efektif dan Efisien

Joni 20 Oktober 2016 14:21:32 WIB
Joss.. apik pake teknologi.. perangkatnya berarti tidak gaptek..

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM