Bangkitkan Gotong-Royong Wujudkan Cita-cita Bersama

Riskianto, A.Md. 23 Oktober 2016 20:18:46 WIB

Sawahan (SID) – Dinamika budaya baru-baru ini memang cenderung membuat masyarakat berubah menjadi individual. Budaya gotong-royong hampir tergerus oleh perkembangan budaya kota yang mulai merambah ke pedesaan. Kebanyakan masyarakat cenderung sibuk dengan urusannya sendiri dan cuek dengan lingkungan sekitarnya.

Seperti halnya kegiatan ‘sambatan’ yang dahulu hampir setiap kegiatan memunculkan kegotong-royongan masyarakat untuk bahu-membahu agar kegiatan bisa segera selesai. Namun saat ini pelan-pelan mulai tergerus walaupun sebagian kecil wilayah masih kental terhadap budaya gotong-royong tersebut.

Dahulu Bangun rumah ‘sambatan’, bangun gubuk ‘sambatan’, bajak sawah ‘sambatan’, panen ‘sambatan’, rehab kandang ternak ‘sambatan’ dan kegiatan lain sangat kental dengan ‘sambatan, tapi sekarang..? Hampir semua kegiatan dinilai dengan nilai ekonomi. ‘Ora ana duit ora mlaku’ (tidak ada uang tidak jalan).. Yapp itulah fenomena kehidupan masyarakat baru-baru ini.

Pemerintah dalam beberapa programnya sebenarnya berusaha membangkitkan semangat gotong-royong tersebut pada masyarakat.  Sebagai contoh kegiatan bedah rumah tahun 2015 yang lalu di Desa Sawahan dimana bantuan stimulan tersebut berbasis kelompok dengan harapan agar masyarakat bisa membangun rumah dengan gotong-royong. Contoh lain misalnya bantuan ekonomi produktif yang juga berbasis kelompok, kelompok tani, kelompok usaha bersama, program keluarga harapan, serta program-program lainnya.

Harapannya gotong-royong yang menjadi warisan nenek moyang kita ini tidak tergerus oleh dinamika budaya yang berkembang saat ini. Gotong royong yang merupakan ciri khas masyarakat kita harus terus kita bangkitkan. Tentunya hal tersebut bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah saja untuk membangkitkan kegotong-royongan, tetapi partisipasi dan kesadaran masyarakat yang tentunya paling berperan untuk mempertahankan nilai gotong-royong dalam kehidupan masyarakat kita ini. Cmiiw.... (rizkya)

Sumber Foto: berita.suaramerdeka.com

Komentar atas Bangkitkan Gotong-Royong Wujudkan Cita-cita Bersama

ryan 24 Oktober 2016 21:08:52 WIB
Keren keren keren..semoga bangkit lagi tradisi gotong royongnya..God Joob Bp Rizkya
Edot 23 Oktober 2016 20:48:53 WIB
Bagus artikelnya, mudah-mudahan budaya gotong royong jadi identitas masyarakat kita.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM