Nasi Tiwul Sambal Bawang, Kuliner Legendaris Sawahan

Riskianto, A.Md. 26 Oktober 2016 14:29:41 WIB

Sawahan (SID) – Perkembangan kuliner baru-baru ini membuat variasi makanan, baik makanan tradisional  maupun makanan modern. Namun, ada makanan yang begitu melegenda dan tidak pernah pudar keberadaannya sampai saat ini. Yapp,, Nasi Tiwul Sambel Bawang.

Nasi Tiwul Sambal Bawang menjadi makanan favorit mayoritas masyarakat di Desa Sawahan walaupun keberadaan nasi beras mendominasi. Nasi tiwul adalah makanan alternatif sebelum keberadaan beras melimpah di masa-masa perkembangan teknologi pangan yang luar biasa ini.

Nasi yang berasal dari tepung gaplek ini merupakan makanan yang lezat dipadu dengan sambal bawang. Mayoritas masyarakat memang tidak mengkonsumsinya setiap hari, tetapi sekali tempo memang memasak nasi tiwul untuk mengobati rasa kangen terhadap makanan yang menjadi ciri khas Gunungkidul tersebut.

Biasanya masyarakat menyantap nasi tiwul yang dimasak sehari sebelumnya atau dikenal dengan ‘Wayon’. Akan lebih nikmat bila disantap bersama-sama yang kebanyakan masyarakat Desa Sawahan menyebutnya dengan ‘Mayon’. Mayon diaksanakan pagi hari atau menjelang siang secara bersama-sama dengan menyantap nasi tiwul dipadu dengan sambal bawang beserta ikan asin dan lalapan sebagai lauk. Woww.. nikmat luar biasa dengan rasa kebersamaan yang kental.

Moment-moment ini memang tidak setiap hari kita jumpai, tetapi memang masih dapat kita jumpai di wilayahh Desa Sawahan ini. Pasti masyarakat Desa Sawahan di perantauan sana banyak yang merindukan moment-moment menyantap nasi tiwul sambal bawang ini. Hmmmm..  (rizkya)

 

Foto: erlinawati, rizkya

Komentar atas Nasi Tiwul Sambal Bawang, Kuliner Legendaris Sawahan

Susi 28 Oktober 2016 22:12:42 WIB
Woww... mantap tiwule
ekko riyadi 26 Oktober 2016 20:14:47 WIB
Mantaaavvvvvvvv.... Kangen jadinya....

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM